Manajemen ketenagaan di SMK Muhammadiyah 2 Boja

Pratama, Bryan Adam (2019) Manajemen ketenagaan di SMK Muhammadiyah 2 Boja. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1403036076_Skripsi]
Preview
Text (1403036076_Skripsi)
Bryan Adam Pratama_1403036076_Manajemen ketenagaan di SMK Muhammadiyah 2 Boja_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

SMK Muhammadiyah 2 Boja merupakan sekolah swasta yang ada di kecmatan Boja yang mendapatkan sertifikasi ISO. Dengan adanya sertifikasi ISO ini diharapkan kegiatan manajeral ketenagaan yang ada di SMK Muhammadiyah 2 boja dapat berjalan dengan baik dan menciptakan lulusan yang kompeten sehingga dapat langsung terjun ke dunia industri.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yang berfokus pada manajemen ketenagaan dengan menggunakan fungsi manajemen sumber daya manusia diantaranya perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi, penilaian kinerja, pendidikan dan latihan, pemberian kompensasi, hingga pemberhentian. Dengan rumusan masalah 1) Bagaimana Manajemen ketenagana di SMK Muhammadiyah 2 Boja, 2) apa faktor yang mempengaruhi manajemen ketenagaan di SMK Muhammadiyah 2 boja.
Hasil penelitian ini adalah 1) perencanaan SDM dilakukan dengan menggunakan analisis kebutuhan yang didasarkan pada perbandingan jumlah guru, jumlah mata pelajaran dan jumlah murid. 2) rekrutmen yang dilakukan adalah pembentukan panitia, pembentukan standar dan kriteria, memberikan pengumuman memberikan laporan kepada majelis dikdasmen Boja agar di tindak lanjuti. 3) seleksi yang dilakukan adalah penerimaan pendahuluan, melakukan tes seleksi diantaranya micro teaching, kesehatan, wawancara yang dilakukan oleh tim penguji dari sekolah dan majelis dikdasmen Boja, pengambilan keputusan, dan pengumuma hasil seleksi. 4) penilaian kinerja yang dilakukan adalah supervisi kepala sekolah, penilaian guru senior dan penilaian dari majelis dikdasmen boja diantaranya pengajian dan keaktifan organisasi di tingkat cabang, ranting ataupun daerah. 5) pendidikan dan latihan dilakukan baik internal atau eksternal. Kegiatan eksternal yang dilakukan adalah menghadiri pelatihan K13, seminar kejuruan. Kegiatan internal yang dilakukan adalah In House Training yang di khususkan untuk guru kejuruan. 6) kompensasi, kompensasi yang ada di SMK Muhammadiyah 2 Boja terdapat 2 jenis yaitu finanial yang berupa upah/gaji dan pemberian bonus, yang kedua berupa non finansial yaitu promosi jabatan. 7) pemberhentian, pemberhentian yang dilakukan terdapat 3 bentuk yakni karena pensiun dengan umur maksimal 60 tahun, mengundurkan diri, dan diberhentikan karena melakukan bentuk pelanggaran.
Adapun faktor yang mempengaruhi manajemen ketenagaan adalah faktor eksternal dan internal. Faktor eksternalnya adalah adanya kebijakan diluar sekolah yakni kebjakan dari Majelis Dikdasmen PCM Boja. Faktor internalnya adalah latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan meta pelajaran yang di ampu, kebutuhan guru yang mendadak, letak geografis rumah guru/karyawan yang jauh dari sekolah, kesibukan masing-masing individu

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan; Sumber Daya Manusia; Ketenagaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:09
Last Modified: 31 Dec 2019 01:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics