Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius di SMA N 1 Karangrayung Grobogan

Kasanah, Kuswatun (2019) Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius di SMA N 1 Karangrayung Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016035_Skripsi]
Preview
Text (1503016035_Skripsi)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius yang lingkupnya berada di sekolah umum/SMA Negeri 1 Karangrayung, Grobogan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius di SMA N 1 Karangrayung, Grobogan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa saja kreativiatas yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius di SMA N 1 Karangrayung, Grobogan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field resarch). Jenis penelitiannya adalah kualitatif, teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data-data penelitian terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan data deskriptif.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius di SMA N 1 Karangrayung yakni : kreativitas yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam terbagi menjadi dua kategori yakni kreativitas dalam pembelajaran dan kreativitas di luar jam pembelajaran atau melalui kegiatan keagamaan. Adapun dalam pembelajaran di kelas yaitu adanya kegiatan tadarus al-Qur’an, membaca doa sayyidul istighfar, hafalan-hafan surat pendek dan infaq setelah pelajaran selesai. Sedangkan kreativitas yang dilakukan diluar jam pelajaran atau kegiatan keagamaan yaitu melalui peran aktif guru dalam membina organisasi Kerohanian Islam (ROHIS) dan mengembangkan kegiatan kegiatan terkait keagamaan seperti baca tulis al-Qur’an (BTA), pembinaan shalat jama’ah, pembuatan Khat/Kaligrafi dan peringatan hari besar Islam (PHBI).
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan informasi bagi mahasiswa, para pendidik, dan sekolah untuk terus memaksimalkan dan meningkatkan kreativitas guru dalam kaitannya menanamkan nilai karakter religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kreativitas guru; Pendidikan agama Islam (PAI); Karakter religius
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:44
Last Modified: 03 Jan 2020 06:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10462

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics