Pengaruh intensitas penggunaan media sosial Instagram terhadap tingkat aktivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X di SMK Harapan Mulya Kendal
Ikesari, Diwanti (2019) Pengaruh intensitas penggunaan media sosial Instagram terhadap tingkat aktivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X di SMK Harapan Mulya Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Diwanti Ikesari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana intensitas penggunaan media sosial instagram pada siswa kelas X di SMK Harapan Mulya Kendal, (2) Bagaimana tingkat aktivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran PAI-BP siswa kelas X di SMK Harapan Mulya Kendal, (3) Adakah pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap tingkat aktivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran PAI-BP siswa kelas X di SMK Harapan Mulya Kendal.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode field research dengan teknik analisis regresi. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel acak atau random sampling dengan subyek penelitian sebanyak 57 responden dari jumlah 377 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: hasil pengolahan data secara statistik dapat diketahui bahwa intensitas penggunaan media sosial Instagram berada pada interval 5-6 dengan nilai mean 5,2 yang berarti cukup kemudian untuk tingkat aktivitas pembelajaran mata pelajaran PAI-BP memiliki kategori cukup baik dengan nilai mean 57 atau berada pada interval 53-60.
Hasil dari pengujian pengaruh bahwa intensitas penggunaan media sosial Instagram terhadap tingkat aktivitas pembelajaran mata pelajaran PAI-BP menunjukkan garis persamaan regresi = 58,32 + (-0,254), nilai F_hitung sebesar 0,154 < F_tabel 4,016 atau 7,119 (untuk taraf signifikansi 5% atau taraf signifikansi 1%), maka tidak signifikan, dan kontribusi variabel X terhadap Y sebesar 0,3%.
Sehingga dapat dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh intensitas penggunaan media sosial Instagram terhadap tingkat aktivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran PAI-BP kelas X SMK Harapan Mulya Kendal Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media sosial; Instagram; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 000 Computer science, information, general works > 006 Special computer methods 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maulana Handy |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 03:19 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 03:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10476 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year