Peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Nurul Huda Semarang

Doyee, Miss Saneeyah (2019) Peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Nurul Huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1703016141_Skripsi]
Preview
Text (1703016141_Skripsi)
Miss Saneeyah Doyee___1703016141.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NU NURUL HUDA SEMARANG, dengan pokok masalah: Bagaimana peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Nurul Huda Semarang kelas 8 tahun pelajaran 2018/2019. Melalui kepala sekolah, Guru BTA, dan siswa MTs NU Nurul Huda Semarang. Di jadikan sebagai sumber data untuk mendapat potret peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : Peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Nurul Huda Semarang pada peserta didik dirasa sudah optimal, Dengan banyaknya usaha yang telah dilakukan seharusnya kemampuan peserta didik dalam membaca al-Qur’an semakin baik. Guru sudah melakukan banyak usaha untuk membantu para peserta didiknya yang masih mengalami kesulian dalam membaca al-Qur’an tapi sebagian dari peserta didik belum ada minat untuk belajar. Mereka mengetahui bahwa kemampuan membaca mereka masih kurang tapi kemauan mereka untuk belajar ini ialah yang belum ada. Sampai sekarang para guru BTA di MTs NU Nurul Huda Semarang masih tetap berusaha untuk menumbuh kembangkan minat peserta didik untuk belajar membaca al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur’an; Guru
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:29
Last Modified: 17 Jan 2020 03:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10480

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics