Penerapan Strategi Klasikal Baca Simak untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Pegandon Kendal

Pariyati, Pariyati (2010) Penerapan Strategi Klasikal Baca Simak untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Pariyati_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Pariyati_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Pariyati_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Pariyati_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of Pariyati_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
Pariyati_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of Pariyati_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
Pariyati_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of Pariyati_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
Pariyati_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (23kB) | Preview

Abstract

Realitas yang terjadi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas selama ini termasuk di SMP Negeri 1 Pegandon Kendal, proses pembelajaran masih didominasi oleh pembelajaran yang menggunakan pendekatan teacher centered. Padahal siswa bukanlah botol kosong yang bisa diisi dengan muatan-muatan informasi apa saja yang dianggap perlu oleh guru, yang hanya mencatat dan menghafal apa yang disampaikan oleh guru.
Strategi klasikal baca simak, menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan di kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Pegandon Kendal untuk mengatasi kepasifan peserta didik dan kurang maksimalnya hasil belajar siswa karena dalam strategi ini proses pembelajaran dapat dilakukan dengan membaca bersama-sama secara klasikal dan peserta didik bergantian membaca secara individu atau kelompok, murid yang lain menyimak. Sehingga dengan mereka akan lebih tahu benar salahnya bacaannya.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan rtefleksi.

Hasil penelitian menunujukkan 1) Penerapan strategi klasikal baca simak sudah dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa di kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Pegandon Kendal hal ini terlihat dari hasil penilaian kuis yang dilakukan setelah tindakan dimana pada pra siklus prosentase ketuntasan adalah 9,4 % meningkat pada siklus I menjadi 28.1 %, pada tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 50 % terakhir di siklus III menjadi 90,6 %. Pencapaian ini sudah melebihi indikator keberhasil yang diinginkan dalam penelitian ini yaitu 80 % ke atas. 2) Penerapan strategi klasikal baca simak sudah dapat peningkatan keaktifan belajar PAI siswa di kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Pegandon Kendal hal ini terlihat dari dari prosesntase tingkat keaktifan yang diamati oleh peneliti dan kolabolator yaitu pada siklus I tingkat keatifannya mencapai 21,8 % naik menjadi 56,2 % pada siklus II dan terakhir pada siklu III menjadi 93,7 %. Hal ini menunjukkan keaktifan siswa sudah melebihi ibndikator yang diinginkan dalam penelitian ini yaitu 80 % ke atas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Klasikal Baca Simak; Pendidikan Agama Islam; Islamic Religious Education
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Oct 2013 04:31
Last Modified: 01 Oct 2013 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics