Afifah, Siti Nur (2019) Implementasi reading morning menggunakan metode drop everything and read (DEAR) di MIN Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503096017_Skripsi]
Preview
Text (1503096017_Skripsi)
Siti Nur Afifah___1503096017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Reading Morning dengan menggunakan metode Drop Everything and Read (DEAR), kendala yang dihadapi selama kegiatan Reading Morning menggunakan metode Drop Everything and Read (DEAR), solusi sekolah dalam menghadapi kendala selama kegiatan Reading Morning menggunakan metode Drop Everything and Read (DEAR), serta dampak yang diperoleh siswa dengan implementasi Reading Morning menggunakan metode Drop Everything and Read (DEAR) di MIN Kota Semarang Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, maka dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Implementasi Reading Morning dengan menggunakan metode DEAR dilaksanakan melalui tiga tahap yakni, perencanaan, memulai, dan pelaksanaan dan pengembangan. (2) Kendala dari pelaksanaan Reading Morning dengan metode DEAR yakni keteladanan guru yang kurang, kesadaran bersama yang kurang, buku yang terbatas, dan kurangnya anggota pengelola pondok baca sehingga telat diadakan sirkulasi buku. (3) Solusi dari kendala yang ada yakni solusi untuk kendala pertama, dengan melakukan pembinaan dan evaluasi, solusi untuk kendala kedua, membuat SK Pondok Baca dan Pakta Integritas, solusi kendala ketiga pengadaan buku, shodaqoh buku dari wali murid, bekerja sama dengan perpustakaan keliling, bekerja sama dengan Perpustakaan Wilayah, solusi kendala keempat, penambahan petugas pondok baca dan kerja sama antar guru kelas.(4) Dampak pelaksanaan reading morning dengan metode DEAR memberikan dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yang terjadi diantarnya; meningkatnya kemampuan literasi, menumbuhnya kebiasaan untuk membaca, dapat menulis cerpen, cergam dan deskripsi gambar, terpilihnya menjadi duta baca, pengetahuan bertambah dan kemampuan dalam bercerita meningkat. Sedangkan dampak negatif yang terjadi adalah terjadinya masalah pada postur tubuhnya karena posisi membaca buku yang tidak benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Reading morning; Drop Everything and Read (DEAR); Budaya baca; Minat baca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 27 Jan 2020 01:58
Last Modified: 29 May 2021 02:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10515

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics