Implementasi manajemen peserta didik di SMP IT Daar Al-Faradis berbasis pesantren Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal

Mustofa, Afan Iza (2019) Implementasi manajemen peserta didik di SMP IT Daar Al-Faradis berbasis pesantren Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1403036033_lengkap]
Preview
Text (skripsi_1403036033_lengkap)
1403036033_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen peserta didik adalah salah satu faktor penting untuk menjadikan suatu lembaga sekolah yang unggul karena semua kegiatan pendidikan senantiasa diupayakan agar peserta didik mendapat layanan pendidikan yang baik. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen peserta didik melalui 9 ruang lingkup yang ada pada manajemen peserta didik di SMP IT Daar Al-Faradis Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, trianggulasi dan melalui metode analisis deskriptif.
Ruang lingkup manajemen peserta didik di SMP IT Daar Al-Faradis ada 9 macam, analisis kebutuhan, rekruitmen, orientasi, mengatur kehadiran, pengelompokan, kode etik disiplin, pengembangan dan pembinaan, evaluasi belajar, serta kelulusan dan alumni. Dalam analisis menentukan batas maksimal peserta didik dan menyusun program peserta didik, dalam rekruitmen menyusun panitia, serta mempersiapkan brosur promosi dan dalam pelaksanaannya seperti mendaftar, mengisi pendaftaran melengkapi syarat, serta tes tertulis dan lisan, dalam masa orientasi berguna untuk mengenalkan lingkungan sekolah, dalam pengelompokan berdasarkan gender, dalam absensi kelas di absen berdasarkan jam pelajaran, dalam disiplin membuat peraturan dan hukuman, dalam evaluasi hasil belajar menggunakan tugas, UTS dan UAS, dalam pengembangan meliputi kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, untuk kelulusan sudah 100%.
Implementasi 9 ruang lingkup manajemen pendidikan sudah terlaksana dengan baik, tetapi masih terdapat kekurangan dalam kegiatan seleksi, orientasi, serta pembagian kelas. Hal ini perlu dimaklumi karena SMP IT Daar Al-Faradis masih tergolong sekolah baru jadi masih ada beberapa yang perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen sekolah; Peserta didik; Berbasis pesantren
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 22 Feb 2020 03:32
Last Modified: 22 Feb 2020 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10610

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics