Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang

Khotimah, Husnul (2019) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1403016061_lengkap]
Preview
Text (skripsi_1403016061_lengkap)
1403016061_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Peserta Didik Tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang”. Adapun pokok-pokok permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang data dan penelitiannya bertempat di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, untuk mengadakan keabsahan data pada penelitian ini yaitu triangulasi data.
Hasil pengamatan yang diperoleh dari penelitian problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang meliputi: lemahnya pemahaman peserta didik, pendidik yang kurang variataif dalam menggunakan metode, sarana prasarana yang kurang memadai juga menjadi salah satu penyebab masalah belajar, dari segi lingkungan lingkungan sekolah yang kurang dilengkapi dengan ekstrakulikuler keagamaan.
Solusi dalam menghadapi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang yaitu dengan menciptakan ilkim kelas yang menyenangkan dalam proses pembelajaran, pendidik menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran di kelas agar siswa tertarik untuk belajar, melengkapi sarana prasarana pendidikan serta peduli terhadap lingkungan sekolah dengan menyediakan kegiatan yang dapat menunjang pembelajaran peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI); Tunagrahita
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 22 Feb 2020 03:35
Last Modified: 22 Feb 2020 03:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10613

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics