Penerapan model pembelajaran generatif berbantuan video animasi untuk mengetahui pemahaman konsep fisika materi hukum Newton kelas X MAN 1 Tegal

Badruzzaman, Muhammad (2019) Penerapan model pembelajaran generatif berbantuan video animasi untuk mengetahui pemahaman konsep fisika materi hukum Newton kelas X MAN 1 Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1403066028_lengkap]
Preview
Text (skripsi_1403066028_lengkap)
1403066028_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran generatif berbantuan video animasi terhadap pemahaman konsep fisika dan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika peserta didik pada materi hukum newton kelas X MAN 1 Tegal. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasi experimental design dan jenis yang digunakan adalah posttest only design control. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji-t dan analisis tingkat pemahaman konsep. Hasil penelitian ini diperoleh thitung = 2.75 dan ttabel = 1.993, hal menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yang berarti model pembelajaran generatif berbantuan video animasi efektif terhadap pemahaman konsep fisika materi hukum newton kelas X MAN 1 Tegal. Hasil analisis tingkat pemahaman konsep menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep kelas eksperimen dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 80,07% dan kelas kontrol juga dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 78,76%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran generatif; Media pembelajaran; Video animasi; Pemahaman konsep; Hukum Newton
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 22 Feb 2020 04:15
Last Modified: 18 Dec 2021 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10631

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics