Analisis mekanisme pembiayaan ijarah multi jasa biaya sewa tempat usaha di BMT Al Hikmah Ungaran

Ardyatama, Sekar Dyanka (2019) Analisis mekanisme pembiayaan ijarah multi jasa biaya sewa tempat usaha di BMT Al Hikmah Ungaran. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1605015012_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1605015012_lengkap)
1605015012_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

BMT Al Hikmah Ungaran yang merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana umat melalui produk-produknya dan senantiasa berupaya semaksimal mungkin menerapkan prinsip-prinsip syariah sebagai landasannya, diantaranya adalah pembiayaan multijasa dengan akad ijarah. BMT Al Hikmah Ungaran mengeluarkan produk pembiayaan multi jasa dengan akad ijarah, produk ini cukup menarik minat anggota karena dengan produk ini anggota dapat mengajukan pembiayaan yang bersifat sewa barang atau jasa dengan biaya sewa yang sesuai dengan kesepakatan antara pihak BMT dan anggota pembiayaan. Pembiayaan dengan system sewa ini diaplikasikan dalam pembiayaan untuk biaya tempat usaha pendidikan, biaya pengobatan, dan biaya pernikahan. Produk ini disebut juga produk pembiayaan multijasa.
Berdasarkan uraian tersebut maka penulis ingin mengetahui tentang bagaimana analisis mekanisme pembiayaan ijarah multijasa biaya sewa tempat usaha. Metode penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara wawancara kepada karyawan BMT Al Hikmah Ungaran, observasi secara langsung terhadap objek tertentu yang terjadi focus penelitian dan mengetahui suasana kerja di BMT Al Hikmah Ungaran serta mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan Analisis Mekanisme Pembiayaan Ijarah Multijasa BiayaTempat Usaha Di BMT Al Hikmah Ungaran dan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitianini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ijarah; Multijasa; BMT Al Hikmah; Bank Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 25 Feb 2020 00:54
Last Modified: 05 Jun 2021 01:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10642

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics