Penerapan Marketing Mix dalam upaya meningkatkan penjualan produk SIRELA di BMT Walisongo Semarang

Mafaza, Harumtika (2019) Penerapan Marketing Mix dalam upaya meningkatkan penjualan produk SIRELA di BMT Walisongo Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015057_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015057_Lengkap)
FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemasaran yaitu suatu fungsi bisnis yang mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan yang belum terpenuhi dari pelanggan, mengukur daya tarik dan potensi mereka dalam memperoleh profit. Menentukan target pasar yang mana organisasinya dapat memberikan pelayanan, menentukan produk, jasa dan program pelayanan yang sesuai dengan segmen yang telah dipilih tersebut, kemudian mengajak seluruh anggota organisasi untuk memperdulikan dan melayani pelanggan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi marketing mix dan tingkat efektivitas strategi marketing produk sirela yang di terapkan di BMT Walisongo Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data sekunder dan data primer, melakukan wawancara langsung dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat diketahui bahwa strategi marketing mix yang meliputi produk, harga, tempat dan promosi yang diterapkan oleh BMT Walisongo dapat meningkatkan volume penjualan produknya. Dan tidak lupa BMT Walisongo juga ada faktor penghambat strategi pemasaran baik internal maupun eksternal. Tingkat perkembangan sirela dari tahun 2016 sampai 2018 sangat signifikan, ini menunjukkan jika produk tabungan sirela banyak diminati oleh nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Marketing; Manajemen Pemasaran; Bank Muamalat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:36
Last Modified: 05 Jun 2021 03:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10660

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics