Faktor-faktor yang mempengaruhi minat anggota pada produk simpanan UKHUWAH di BMT Marhamah cabang Sukoharjo Wonosobo

Nurmayantika, Lisa (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat anggota pada produk simpanan UKHUWAH di BMT Marhamah cabang Sukoharjo Wonosobo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015074_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015074_Lengkap)
1605015074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

BMT Marhamah Wonosobo merupakan suatu lembaga keuangan syariah yang menerapkan prinsip syariah dalam kegiatannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya minat anggota atau lembaga di BMT Marhamah Cabang Sukoharjo Wonosobo. Pertumbuhan lembaga keuangan BMT saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat luar biasa. Keberlangsungan kehidupan lembaga keuangan BMT sangat bergantung pada jumlah dan minat anggota yang dimilikinya. Semakin banyaknya anggota maka semakin kokoh kedudukan lembaga tersebut, dan dari uraian tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut lagi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat anggota pada produk simpanan ukhuwah di BMT Marhamah Cabang Sukoharjo Wonosobo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja faktor yang mempengaruhi minat anggota pada produk simpanan ukhuwah, dan apa saja hambatan atau kendala dalam meningkatkan jumlah anggota di BMT Marhamah Cabang Sukoharjo wonosobo.Penelitian ini dilakukan di BMT Marhamah Cabang Sukoharjo Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai objek penelitian tersebut. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumen.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya faktor-faktor yang dapat meningkatkan jumlah anggota di BMT Marhamah Cabang Sukoharjo Wonosobo. Antara lain adalah faktor kemudahan, faktor promosi, faktor produk, dan faktor pelayanan. BMT Marhaman Cabang Sukoharjo Wonosobo perlu mempertahankan keloyalan para anggotanya yang nantinya akan berdampak positif bangi perkembangan atau kemajuan BMT Marhamah Cabang Sukoharjo Wonosobo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Islam; Bank Syariah; Bank dan Perbankan; Bank Tabungan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:48
Last Modified: 05 Jun 2021 03:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics