Implementasi take over pembiayaan di BRI Syariah KCP Kudus

Fahrozi, Muhammad Nanang (2019) Implementasi take over pembiayaan di BRI Syariah KCP Kudus. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1605015098.pdf]
Preview
Text
1605015098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada pelaksanaan pembiayaan di bank syariah,bank syariah harus memenuhi unsur¬-unsur syariah sebagai dasar bermuamalah, seperti dalam memberikan jasa layanan pengalihan hutang (take over) dimana pengalihan hutang ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin pindah dalam pembiayaannya dari lembaga keuangan konvensional ke lembaga keuangan syariah untuk menghindari riba. Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) juag mengeluarkan fatwa DSN Nomor 31/DSN-MUI/IV/2002 tentang pengalihan hutang (take over ).Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pengalihan hutang (take over ) pembiayaan yangf dilakukan oleh bank BRI Syariah KCP kudus dan dasar hukum pengalihan hutang (take over) di bank BRI Syariah KCP kudus.
Deskriptif data dilakukan dengan menggunakan analisis Kualitatif,dengan pengumpulan data adalah wawancara dan analisis dokumen perusahaan dan sumber data baik data primer maupun sekunder
Hasil penelitian di bank BRI Syariah KCP kudus yaitu bawa pelaksaanaan pengalihan hutang ( take over ) sesuai denagn fatwa Dewan Syariah Nasional No. 31/DSN-MUI/VI/2002 yang memiliki 4 alternatif, adapun akad yang digunakan yaitu qorh,murabahah,syirkah al-milk,ijarah dan IMBT sesuai kebutuhan nabah dalam mengajukan pengalihan hutang pembiyaannya. Dasar hukum yang digunakan di dalam take over sesuai yang dijelaskan ayat,hadist,kaidah fiqih dalam fatwa Dewan Syariah Nasional No. 31/DSN-MUI/VI/2002. dalam take over menggunakan dua akad dengan sarat akad yang pertama harus selesai terlebih dahulu baru dilanjutkan ke akad yang kedua,tidak seperti akad two in one dimana dalam transaksi mengunkan dua akad dalam satu akad yang dilarang oleh islam karena tidak memiliki kejelasan akad mana yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengalihan hutang; Take over; Fatwa DSN-MUI; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 06:33
Last Modified: 05 Jun 2021 02:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10669

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics