Analisis pengembangan UMKM Chakrii Thai Tea Kota Semarang dalam perspektif etika bisnis Islam

Akhyar, Anwarul (2019) Analisis pengembangan UMKM Chakrii Thai Tea Kota Semarang dalam perspektif etika bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122411063_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122411063_Lengkap)
122411063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Etika bisnis Islam merupakan norma etika berbasis Al-Qur'an dan al-Hadits yang harus dijadikan sebagai pedoman hidup bagi para pebisnis. Tetapi pada kenyataannya, banyak orang atau oknum pebisnis yang melakukan kecurangan sehingga keluar dari norma etika bisnis yang sesuai dengan Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi etika bisnis Islam pada UMKM Chakrii Thai Tea Kota Semarang dan mengetahui cara mengembangkan UMKM Chakrii Thai Tea Kota Semarang berdasarkan etika bisnis Islam.
Jenis penelitian ini dapat dikategorikan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di kancah atau medan terjadinya gejala dengan mempelajari secara intensif latar belakang kasus terakhir, interaksi lingkungan yang terjadi pada suatu unit sosial, individu, kelompok, dan lembaga masyarakat.
Penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Dalam proses analisis data, peneliti menggunakan analisis deskripsi dengan memaparkan data-data yang berhubungan terhadap strategi pengembangan bisnis Islam pada UMKM Chakrii Thai Tea Kota Semarang.
Hasil penelitian yang dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Implementasi etika bisnis Islam pada UMKM Chakrii Thai Tea Kota Semarang adalah tauhid, keseimbangan (keadilan), kebebasan dan tanggung jawab. (2) Dan cara mengembangkan UMKM Chakrii Thai Tea Kota Semarang berdasarkan etika bisnis Islam adalah jujur dalam takaran (quantity), longgar dan bermurah hati (tasamuh dan tarâhum), membangun hubungan baik (interrelationship/ṣilatal-raḥîm), tertib Administrasi, dan menetapkan harga dengan transparan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam ; UMKM; Bisnis; Islam dan Ekonomi: Muamalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 09:38
Last Modified: 02 Mar 2020 09:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10776

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics