Perbedaan Hasil Belajar Siswa Mapel Fikih antara yang Menggunakan Metode Examples Non Examples dan yang Menggunakan Metode Konvensional di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hadi Girikusuma Mranggen-Demak Tahun Pelajaran 2011-2012
Hidayati, Santi (2012) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Mapel Fikih antara yang Menggunakan Metode Examples Non Examples dan yang Menggunakan Metode Konvensional di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hadi Girikusuma Mranggen-Demak Tahun Pelajaran 2011-2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083911050_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (839kB) | Preview
083911050_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (34kB) | Preview
083911050_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (126kB) | Preview
083911050_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (285kB) | Preview
083911050_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (96kB) | Preview
083911050_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (15kB) | Preview
083911050_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (8kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode examples non examples dalam meningkatkan hasil belajar fikih kelas V semester II di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hadi Girikusuma materi ketentuan binatang qurban.
Penggunaan metode examples non examples diartikan mengurutkan gambar dengan berkerja sama atau berkelompok. Dengan demikian peserta didik dapat mengurutkan gambar dan mendiskusikan bersama kelompoknya, tidak merasa bosan, mudah dimengerti dan diingat, serta pengkajian yang efektif dan lebih cepat, karena metode examples non examples mempunyai ungsur-ungsur yang membuatnya lebih baik dari pada metode ceramah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen bentuk pretest-posttest control desigh. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hadi Girikusuma. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini mengambil indikator efektivitas metode yaitu menigkatkan hasil belajar peserta didik. meningkatkan hasil belajar ditinjau dari ranah kognitif. Dalam ranah kognitif data penelitian yang terkumpul digunakan analisis uji t-test.
Berdasarkan hasil t-test, dihasilkan bahwa = 2,709 dan = 1,67 dengan taraf nyata 5% karena > maka data tersebut signifikan. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi: “metode examples non examples efektif dalam meningkatkan hasil belajar fikih kelas V semester II materi ketentuan binatang qurban di MI Al-Hadi Girikusuma” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Examples non Examples |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 06:34 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 06:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1078 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year