Ulama Perempuan dan Dedikasinya dalam Pendidikan Islam Studi Pemikiran Nyai Khoriyah Hasyim 1908-1983)

Novalia, Ninda (2019) Ulama Perempuan dan Dedikasinya dalam Pendidikan Islam Studi Pemikiran Nyai Khoriyah Hasyim 1908-1983). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1403016168.pdf]
Preview
Text
1403016168.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Barangkali tidak banyak orang tahu bahwa di Jombang telah lahir sosok tokoh ulama perempuan dan pendidikan yang memiliki concern terhadap perkembangan kaum perempuan. Tepatnya pada tahun 1921, telah berdiri sebuah lembaga pendidikan yang khusus diperuntukkan bagi kaum perempuan. Lembaga ini bernama Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak yang didirikan oleh Nyai Khoiriyah Hasyim dan suaminya. Latar belakang didirikannya pesantren ini adalah oleh suatu kondisi dimana penduduk Seblak tidak mengerti agama dan kaum perempuan sering menerima perlakuan diskriminatif dalam memperoleh pendidikan. Bertolak dari hal tersebut, maka dilakukan penelitian yang mengangkat tokoh pendidikan perempuan di Jombang dalam upaya memajukan kaum perempuan melalui pendidikan.

Penelitian ini bertujuan untuk lebih mengenal sosok Ulama Perempuan asal Jawa Timur, Nyai Khoiriyah Hasyim yang melakukan pemberdayaan kaum perempuan melalui pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan pengujian yang didasarkan atas pengalaman-pengalaman masa lampau. Oleh karena obyek penelitian ini difokuskan pada masalah-masalah yang berkaitan dengan dunia sejarah pendidikan dan keulamaan perempuan indonesia, maka pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan sejarah pendidikan dan ulama perempuan indonesia.

Setelah melakukan penelitian, diketahui bahwa Nyai Khoiriyah adalah seorang pemikir dan aktifis perempuan Jawa yang lahir dari keluarga santri dan memiliki cita-cita tinggi untuk memajukan bangsa dengan cara memajukan kaum perempuannya melalui pendidikan. karena hanya dengan pendidikanlah seorang perempuan akan memiliki banyak pengetahuan dan ketrampilan yang berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ulama Perempuan; Pendidikan Islam; Nyai Khoiriyah Hasyim; pendidikan Islam; Cendikiawan Muslim
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 376 Education of women
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 06 Mar 2020 10:32
Last Modified: 06 Mar 2020 10:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10865

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics