Manajemen Pengembangan Budaya Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah Di MIN Kota Semarang

Ni'am, Syukron (2019) Manajemen Pengembangan Budaya Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah Di MIN Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1403036091.pdf]
Preview
Text
1403036091.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen pengembangan budaya membaca merupakan upaya untuk mendukung dan meningkatkan minat membaca siswa. MIN Kota Semarang adalah salah satu dari beberapa madrasah yang menjadi binaan FITK UIN Walisongo melalui program USAID PRIORITAS. Adanya program ini selain menumbuhkan budaya membaca juga bertujuan meningkatkan kualitas/ keunggulan MIN Kota Semarang dibandingkan dengan sekolah lain. Penelitian ini mengambil focus permasalahan: 1) bagaimana perencanaan pengembangan budaya membaca melalui gerakan literasi sekolah di MIN Kota Semarang: 2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan budaya membaca melalui gerakan literasi sekolah di MIN Kota Semarang? 3) Bagaimana evaluasi pengembangan budaya membaca melalui gerakan literasi sekolah di MIN Kota Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan 1) Perencanaan pengembangan budaya membaca dilakukan dengan menyusun tim program budaya baca, membuat program membaca, pengadaan sarana dan buku bacaan, 2) Pelaksanaan dilakukan dengan sosialisasi program membaca, melaksanakan program membaca, diantaranya: reading morning, ayo gemar membaca, juz ‘amma ceria, layanan lambat baca, mading, dan pemilihan duta baca, 3) Evaluasi dilakukan dengan monitoring kegiatan lapangan, monitoring diary book siswa, dan tindak lanjut. Hasil penelitian ini memberikan saran kepada pihak madrasah untuk terus konsisten melaksanakan program membaca dari awal hingga akhir semester, mengupayakan penambahan jumlah buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Budaya Membaca; Gerakan Literasi Sekolah; minat Baca; Buku dan Bacaan; Membaca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:43
Last Modified: 09 Mar 2020 02:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10868

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics