Pengaruh Program Tahfizh Terhadap Minat Orang Tua Siswa Di SMP IT Robbani Kendal

Mawadaturrohmah, Zulfa Nur (2019) Pengaruh Program Tahfizh Terhadap Minat Orang Tua Siswa Di SMP IT Robbani Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1403036102.pdf]
Preview
Text
1403036102.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh program tahfizh terhadap minat
orang tua siswa di SMPIT Robbani Kendal. Kajiannya dilatar belakangi oleh pemasaran program tahfizh di SMPIT Robbani Kendal dirasa kurang meluas informasi tentang program unggulan di lembaga tersebut. Studi ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh program tahfizh terhadap minat orang tua siswa. Jenis penelitian lapangan yang bersifat
kuantitatif. Dalam pengumpulan data, penyusun menggunakan teknik kuesioner/angket. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini akan digunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan Product moment.
Untuk uji hipotesis menggunakan regresi sederhana.

Hasil dari penelitian ini. Dalam analisis korelasi product moment pearson menghasilkan rxy = 0,943 > rtabel (0,256) pada taraf signifikansi 5% dan rtabel (0,296) pada taraf signifikansi 1% yang berarti signifikan.
Berdasarkan interpretasi maka koefesien yang ditemukan sebesar 0,948 termasuk pada kategori “sangat kuat” karena berada pada interval koefesien 0,900 – 1,000, dalam hubungan atau korelasi apabila nilai koefisien determinasi semakin mendekati angka satu maka hubungan antara variabel satu ke variabel lainnya akan semakin kuat. Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara program tahfizh terhadap minat orang tua siswa. Sedangkan arah pengaruhnya adalah positif karena nilai r positif, berarti semakin tinggi atau semakin baik pengaruh program tahfizh, maka semakin meningkat minat orang tua siswa. Kemudian hasil perhitungan rxy diformulasikan kedalam hitungan persen (%) yang disebut R Square maka hasilnya adalah 89,0% berarti dalam hal ini kontribusi dari program tahfizhterhadap minat orang tua siswa sebesar 89,0% dan sisanya 11% dipengaruhi oleh variabel lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tahfizh; Program; Minat Orang Tua Siswa; Pendidikan Islam; Pendidikan Menengah Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:45
Last Modified: 09 Mar 2020 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10869

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics