Pengaruh Intensitas Membaca Asmaul Husna Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang
Maghfiroh, Lia (2019) Pengaruh Intensitas Membaca Asmaul Husna Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123111010.pdf
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.Intensitas
membaca asmaul husna siswa kelas VII di MTs Uswatun
Hasanah Mangkang. 2. Kecerdasan Spiritual siswa kelas VII
MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang. 3. Pengaruh
Intensitas Membaca Asmaul Husna Terhadap Kecerdasan
Spiritual Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VII di
MTs Uswatun Hasanah Semarang“.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field
research. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena subjek penelitian yang kurang dari 100 orang, yaitu 34 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
angket atau questionnaire kepada 34 responden secara langsung di MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang.
Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan
inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan
analisis regresi satu predictor dengan metode skor deviasi.
Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa:
Intensitas membaca asmaul husna terhadap kecerdasan
spiritualsiswa Di MTs Uswatun Hasanah ,termasuk dalam
kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (Mean) hasil angket tentang intensitas membaca Asmaul Husna
sebesar74,088. Nilai Mean tersebut termasuk dalam kategori
baik karena berada pada interval 59-87.
Kecerdasan spiritual siswa kelas VII di MTs Mangkang
Semarang termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan
dengan nilai rata-rata (Mean) hasil angket tentang kecerdasan spiritual siswa sebesar77,588. Nilai Mean tersebut termasuk dalam kategori cukup karena berada pada interval 59 – 89. Intensitas membaca Asmaul Husna mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Magkang Semarang. Hal itu terbukti dengan hasil perhitungan analisis regresi satu predictor dengan metode skor deviasi sebesar 30,97.
Diketahui bahwa F tabel pada taraf signifikansi 5% =
4,15 dan 1% = 7,50. Maka nilai F reg sebesar 30,97, lebih besar daripada F tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Oleh karena itu, hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Dengan demikian, ada pengaruh positif yang signifikan antara intensitas membaca Asmaul Husna terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Magkang Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi
bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan
program studi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN
Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan
kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi
berprestasi secara lebih memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas Membaca Asmaul Husna; Kecerdasan Spiritual; Pendidikan Islam; Madrasah Tsanawiyah; Membaca |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 03:07 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 03:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10878 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year