Pola Pendidikan Karakter Di SMP IT PAPB Pedurungan Semarang

Mufida, Liza Zulfana (2019) Pola Pendidikan Karakter Di SMP IT PAPB Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1403016060.pdf]
Preview
Text
1403016060.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia saat ini sedang menghadapi suatu krisis multidimensi. Kondisi ini dapat dilihat dari berbagai fenomena yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat. Sebagai contoh yang terjadi pada perilaku atau sikap para remaja saat ini dapat dilihat dengan adanya berbagai berita kasus kenakalan remaja yang dilakukan oleh para pelajar seperti tawuran antar pelajar, penggunaan narkotika, dan kriminalitas. Mengatasi kejadian tersebut perlu diberikan penanam karakter kepada anak-anak dan remaja harus dilakukan sedini mungkin. Sekolah merupakan salah satu sarana yang mampu atau menjadi peran utama dalam membentuk karakter-karakter siswa. Karena kegiatan anak-anak dan remaja banyak dihabiskan di sekolah.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pola pendidikan karakter di SMP IT PAPB Pedurungan Semarang, (2) Bagaimana kendala penerapan pola pendidikan karakter di SMP IT PAPB Pedurungan Semarang. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan karakter di SMP IT PAPB Pedurungan Semarang, (2) Untuk mengetahui kendala penerapan pola pendidikan karakter di SMP IT PAPB Pedurungan Semarang.

Metode dalam penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang memaparkan berbagai data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode interaksi dengan tahap-tahap mengumpulkan data, reduksi data, analisis dan penyajian data, dan verifikasi data.

SMP IT PAPB Pedurungan Semarang yang dalam proses pembelajarannya mengacu pada pendidikan Islam terpadu. Penerapan kurikulum ini dilakukan dengan tujuan untuk membentuk peserta didik yang memiliki pengetahuan, sikap, ketrampilan dan berkarakter serta memiliki akhlak dan kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai islam serta sikap mandiri sebagai bekal hidup bersama di tengah kehidupan masyarakat kelak.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa SMP IT PAPB Pedurungan Semarang memiliki sarana prasanara, kurikulum khusus yang dipadukan dengan sistem full day school, serta program/kegiatan terstruktur yang mendukung pendidikan karakter bagi siswa. Dengan adanya komponen pendukung tersebut, SMP IT PAPB Pedurungan Semarang memiliki pola tersendiri dalam membentuk karakter siswa baik dalam hal karakter religius (ketuhanan), karakter terhadap diri sendiri dan sesama serta karakter terhadap lingkungan. Dengan begitu, maka visi dan misi yang berkaitan dengan pembentukan karakter di SMP IT PAPB akan tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola; Pendidikan karakter; SMP IT PAPB Pedurungan Semarang; Watak; kepribadian;
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:25
Last Modified: 09 Mar 2020 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10885

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics