Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Waktu Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di MAN Kendal Tahun Ajaran 2018/2019

Ulfa, A'ina (2019) Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Waktu Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di MAN Kendal Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of A’ina Ulfa___1503016017.pdf]
Preview
Text
A’ina Ulfa___1503016017.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh persepsi peserta didik tentang waktu pembelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas X MIPA di MAN Kendal Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Bagaimana Persepsi Peserta Didik tentang Waktu Pembelajaran Akidah Akhlah Siswa Kelas X di MAN Kendal tahun ajaran 2018/2019 ? (2) Bagaimana Hasil Belajar Peserta didik Mata Pelajaran Akidah Akhlah Siswa Kelas X di MAN Kendal Tahun Ajaran 2018/2019 ? (3) Adakah Pengaruh Persepsi Peserta Didik tentang Waktu Pembelajaran Akidah Akhlah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di MAN Kendal Tahun Ajaran 2018/2019 ?.

Penelitian ini termasuk field research atau penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang dianalisis dengan metode statistik. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA MAN Kendal yang berjumlah 197 siswa, kemudian diambil sampel 64 responden dengan teknik pengambilan cluster sampling (kelompok-kelompok). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi.

Sebelum instrumen penelitian disebarkan kepada responden,
instrument tersebut harus memiliki kriteria validitas dan reliabilitas. Setelah peneliti melakukan uji coba instrument angket tentang Persepsi Peserta Didik Tentang Waktu Pembelajaran Akidah Akhlak yang berjumlah 50 soal diperoleh 30 soal yang dinyatakan valid dan reliabel. Dari 30 item soal yang dinyatakan valid dan reliabel, instrumen tersebut kemudian disebarkan kepada 33 siswa kelas X MIPA 3 (pagi) dan 31 siswa kelas X MIPA 5 (siang) di MAN Kendal.

Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan hipotesisnya diuji menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi peserta didik tentang waktu pembelajaran Akidah Akhlak di MAN Kendal termasuk dalam kategori “cukup”. Hal ini dapat dilihat dalam perhitungan dari kelas X MIPA 3 diperoleh rata-rata (mean) sebesar 85,39, yang berada pada interval 82-87 dan di kelas X MIPA 5 diperoleh rata-rata (mean) 88,26, yang berada pada interval 82-88. Sedangkan hasil penelitian tentang hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Kendal juga termasuk dalam kategori “cukup”. Hal ini ditunjukkan hasil rata-rata (mean) dikelas X MIPA 3 sebesar 61,36 yang berada pada pada interval 55-67 dan di kelas X MIPA 5 diperoleh rata-rata (mean) 60,49, yang berada pada interval 53-67.

Untuk mengetahui signifikansi pengaruh persepsi peserta didik tentang waktu pembelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN Kendal adalah dengan membandingkan harga Freg dengan Ftabel.

Jika Freg > Ftabel maka Ho diterima (signifikan), akan tetapi jika Freg < Ftabel maka Ho ditolak tidak signifikan). Selanjutnya berdasarkan data di kelas X MIPA 3
diperoleh Freg sebesar 7,427 dan taraf signifikansi 5% adalah 4,14. Sedangkan di kelas X MIPA 5 diperoleh Freg sebesar 8,882 dan taraf signifikansi 5% adalah 4,16. Jika dibandingkan Freg dengan Ftabel maka Freg = 7,427 > Ftabel = 4,14 di kelas X MIPA 3 dan Freg = 8,882 > Ftabel = 4,16 di kelas X MIPA 5. Dengan demikian dapat diartikan bahwa variabel persepsi peserta didik tentang waktu pembelajaran Akidah Akhlak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Peserta Didik; Waktu Pembelajaran; Hasil Belajar Siswa; Mata Pelajaran Akidah Akhlak; Kurikulum; Pendidikan Islam; Madrasah Aliyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 09 Mar 2020 07:49
Last Modified: 09 Mar 2020 07:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10891

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics