Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMAN 12 Semarang

Audina, Mutia Analisawati (2019) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMAN 12 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016039.pdf]
Preview
Text
1503016039.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan usaha sadar dan
terencana untuk mengantarkan peserta didik pada pemahaman yang Islami. Dalam kehidupan beragama di Indonesia, tidak hanya agama Islam saja, melainkan juga terdapat agama Kristen, Katolik, Hindu dan Budha. Sedangkan pendidikan budi pekerti merupakan program pengajaran di sekolah yang bertujuan mengembangkan watak atau tabiat siswa dengan cara menghayati nilai-nilai dan keyakinan masyarakat sebagai kekuatan moral dalam hidupnya melalui kejujuran, dapat dipercaya, disiplin, dan kerjasama yang menekankan
ke arah afektif tanpa meninggalkan ranah kognitif dan ranah
psikomotorik. Dalam hal ini, SMAN 12 Semarang merupakan sekolah negeri yang memiliki berbagai keragaman agama dan agama Islam sebagai agama mayoritas serta memiliki visi misi membentuk budi pekerti dan akhlak mulia.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
perencanaan pembelajaran PAIBP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti), bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran PAIBP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti), dan bagaimana evaluasi pembelajaran PAIBP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) di MAN 12 Semarang.

Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan
penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi SMAN 12
Semarang.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan
instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman
wawancara, pedoman observasi dan format dokumentasi. Teknik
analisis datanya adalah analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah Guru PAIBP, Kepala Sekolah, dan 4 peserta didik SMAN 12 Semarang yang dipilih secara random.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang
direncanakan sama dengan teori perencanaan yaitu guru PAIBP
membuat perencanaan pembelajaran atau RPP. Pelaksanaannya pada kegiatan awal menyiapkan kondisi kelas dan menyiapkan siswa, penggunaan metode ceramah dan diskusi pada kegiatan inti. Hal ini terkesan monoton dan membuat siswa jenuh. Evaluasi pembelajarannya berdasarkan posttest dan tes harian, tes tengah semester dan tes akhir semester meskipun ada beberapa guru yang tidak menggunakan pretest di awal pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti; Pendidikan Islam; Etika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 09 Mar 2020 07:51
Last Modified: 09 Mar 2020 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10892

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics