Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas X Di SMK Harapan Mulya Kendal Tahun Ajaran 2018/2019
Widiyana, Aniek (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas X Di SMK Harapan Mulya Kendal Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
1503016042.pdf
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang bervariasi dan guru kurang maksimal dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa pasif dalam belajar. Untuk itu peneliti melakukan penelitian mengenai Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas x Di SMK Harapan Mulya Kendal Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh dari pada pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang
dilaksanakan di SMK Harapan Mulya Kendal. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ, sedangkan sampel dari 30siswa kelas X TKJ SMK Harapan Mulya Kendal tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 3 kelas di ambil dengan cara Quasi Experimental Design, yaitu mengambil 2 kelas secara acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan hasil nilai tes awal. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.
Hal ini dilakukan Analisis dengan menggunakan rumus t tes
diperoleh hasil bahwa t hitung = 4.365 lebih besar dari pada t tabel = 1,671 untuk taraf signifikasi 5%. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar PAI-BP materi Iman kepada Malaikat Allah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran konvensional. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMK Harapan Mulya Kendal” di terima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Hasil Belajar; Sekolah Lanjutan Atas; pendidikan Islam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 07:53 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 07:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10893 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year