Pengaruh efikasi diri akademik, resiliensi, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik mahasantri UIN Walisongo Semarang

Wijaya, Bathara Dharma (2019) Pengaruh efikasi diri akademik, resiliensi, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik mahasantri UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji secara empiris pengaruh efikasi diri akademik dan resiliensi terhadap motivasi berprestasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh efikasi diri akademik dan resiliensi secara langsung maupun tidak langsung (melalui motivasi berprestasi) terhadap prestasi akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islan Negeri (UIN) Walisongo Semarang yang sekaligus tinggal di pondok pesantren Ma’had Al- Jami’ah UIN Walisongo, Dar Al-Qolam, Bina Insani, dan Al-Ma’rufiyah. Kriteria subjek yang dijadikan sampel penelitian adalah mahasantri semester dua sampai dengan delapan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode skala psikologi, yakni skala efikasi diri akademik, skala resiliensi, dan skala motivasi berprestasi. Pengumpulan data juga dilakukan menggunakan angket untuk memperoleh data tentang prestasi akademik mahasantri. Metode analisis data yang digunakan adalah metode statistik dengan menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian adalah: 1). Efikasi diri akademik dan resiliensi berpengaruh langsung terhadap motivasi berprestasi. 2). Efikasi diri akademik dan resiliensi berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik, sementara motivasi berprestasi tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik, namun motivasi berprestasi tidak memediasi pengaruh efekasi diri akademik terhadap prestasi akademik, sedangkan motivasi berprestasi memediasi pengaruh resiliensi terhadap prestasi akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri; Resiliensi; Motivasi berprestasi; Prestasi akademik; Motivasi; Motivasi dalam Pendidikan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Mar 2020 10:06
Last Modified: 29 May 2021 05:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10928

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics