Implementasi bimbingan keagamaan melalui punishment untuk meningkatkan hafalah santri di Madrasah Ghozaliyyah Syafi'iyyah (MGS) Karangmangu Sarang Rembang
Sakinah, Mulinatus (2019) Implementasi bimbingan keagamaan melalui punishment untuk meningkatkan hafalah santri di Madrasah Ghozaliyyah Syafi'iyyah (MGS) Karangmangu Sarang Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Bimbingan Keagamaan pada pondok pesantren atau yayasan yang
bernaung dibawah pondok pesantren adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Madrasah ghozaliyyah Syafi‟iyyah mempunyai sistem bimbingan keagamaan melalui punishment untuk meningkatkan hafalan santri, bila terdapat santri yang tidak mengikuti bimbingan keagamaan atau ketika santri tidak segera menyetorkan hafalan mereka maka, mereka akan mendapatkan takzir (punishment). Rumusan Masalah : (1) Bagaimana
implementasi bimbingan keagamaan melalui punishment (takzir) untuk meningkatkan hafalan santri di Madrasah ghozaliyyah syafi‟iyyah (MGS) Desa Karangmangu Sarang Rembang? (2) Apa dampak punishment untuk menigkatkan hafalan santri?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui
implementasi bimbingan keagamaan melalui punishment untuk
meningkatkan hafalan pada santri madrasah ghozaliyyah syafi‟iyyah, (2) Mengetahui dampak punishment pada santri madrasah ghozaliyyah syafi‟iyyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini ada dua sumber, data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan mengikuti model Miles dan Hubermen, yang tebagi dalambeberapa tahap : reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan: Pertama, implementasi bimbingan keagamaan melalui punishment untuk meningkatkan hafalan pada santri, pemberian materi yang dapat dilihat dari beberapa aspek: Pembimbing. Madrasah Ghozaliyyah Syafi‟iyyah memiliki pembimbing (Masyayaikh dan Asatidz) yang memiliki pengetahuan agama yang sangat luas, Santri yang mengikuti kajian kitab atau bimbingan keagaman tahun ini berjumlah 3759 yang terdiri dari santri ibtidaiyyah, tsanawiyyah dan aliyyah metode yang digunakan yaitu dengan dua cara, metode langsung dan metode tidak langsung. Metode langsung yaitu dengan cara pembimbing membacakan kitab, memaknai dan menjelaskan, sedangkan metode tidak langsung yaitu dengan menggunakan media papan tulis, metode yang dilakukan madrasah ghozaliyah untuk meningkatkan hafalan santri adalah menggunakan punishment. Pemberian punishment (takzir) dimaksudkan untuk memperbaiki, memelihara dan menjauhkan santri dari tindakan-tindakan
yang melanggar aturan madrasah. Dari pemberian punishment (takzir) yang dilakukan oleh madrasah ghozaliyyah syafi‟iyyah memberikan dampak positif pada peningkatan setoran hafalan pelajaran dari santri untuk memenuhi syarat ikhtibar (ujian triwulan).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan keagamaan; Punishment; ; Hafalan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 07:33 |
Last Modified: | 22 May 2021 06:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10955 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year