Perbedaan Kemampuan Menguasai Mufradat Peserta Pidik pada Materi المهنة yang Menggunakan Media Gambar dan Metode Konvensional di MI PUI Cikaso Kuningan Jawa Barat Tahun Pelajaran 2011/2012.
Alawiyah, Tuti (2012) Perbedaan Kemampuan Menguasai Mufradat Peserta Pidik pada Materi المهنة yang Menggunakan Media Gambar dan Metode Konvensional di MI PUI Cikaso Kuningan Jawa Barat Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083911089_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
083911089_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (51kB) | Preview
083911089_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (486kB) | Preview
083911089_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (286kB) | Preview
083911089_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (96kB) | Preview
083911089_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
083911089_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas perbedaan kemampuan menguasai mufradat Pada Materi المهنة di MI PUI Cikaso. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan kemampuan menguasai mufradat peserta didik pada materi المهنة yang menggunakan media gambar dan metode konvensional di MI PUI Cikaso? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adalah apakah ada perbedaan kemampuan menguasai mufradat peserta didik pada materi المهنة yang menggunakan media gambar dan metode konvensional di MI PUI Cikaso. Permasalahan tersebut dibahas melalui metode penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI PUI Cikaso Kuningan Jawa Barat tahun ajaran 2011/2012 yang terdidi dari 2 kelas sebanyak 60 peserta didik. Desain penelitian ini adalah “Posttest-Only Control Design”. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara cluster random. Dengan cara undian didaptkan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan (X). dan IV A sebagai kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelas kontrol. Kelompok yang pertama diberi perlakuan dengan menggunakan media gambar. Kelompok kedua tidak menggunakan media gambar. Setelah kelas eksperimen dan kelas kontrol melaksanakan proses pembelajaran, kemudian peserta didik diberi soal tes untuk memperoleh data hasil belajar dengan menggunakan instrument yang sama yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya di kelas V sebagai kelas uji coba.
Uji hipotesis menggunakan rumus t-test uji pihak kanan dengan menggunakan tes akhir, tes akhir inilah yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dalam menguasai mufradat antara yang menggunakan media gambar dengan yang tidak menggunakan gambar pada materi المهنة.
Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 79.17 dan standar deviasi 10.09 sedangkan rata-rata hasil belajar kelompok kontrol adalah 71.63 dengan standar deviasi 7.95. Analisis uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t pihak kanan ditunjukkan dari nilai thitung=3.210, hasil tersebut dikonsultasikan dengan ttabel dimana α = 5% dengan dk = n1 + n2 – 2 = (30+30-2) = 58, maka diperoleh ttabel=1.671. Kriteria pengujian H0 diterima jika thitung < ttabel. Karena pada penelitian ini thitung > ttabel, maka H1 diterima yang berarti ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media gambar dengan hasil belajar peserta didik yang diajar tidak menggunakan media gambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Mufradat; Media Gambar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 06:59 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 06:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1096 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year