Efektivitas Penggunaan Media CD Interaktif terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Materi Pokok Lingkungan Fisik Peserta Didik Kelas IV SD Islam Al-Azhar 14 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012

Isnaini, Ummu (2012) Efektivitas Penggunaan Media CD Interaktif terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Materi Pokok Lingkungan Fisik Peserta Didik Kelas IV SD Islam Al-Azhar 14 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083911091_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083911091_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083911091_Bab1.pdf]
Preview
Text
083911091_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 083911091_Bab2.pdf]
Preview
Text
083911091_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 083911091_Bab3.pdf]
Preview
Text
083911091_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 083911091_Bab4.pdf]
Preview
Text
083911091_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 083911091_Bab5.pdf]
Preview
Text
083911091_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 083911091_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083911091_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan peserta didik terhadap penerapan CD Interaktif di SD Islam Al-Azhar 14 dan untuk mengetahui hasil belajar IPA pada materi pokok lingkungan fisik peserta didik kelas IV SD Islam Al-Azhar 14. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas IV A SD Islam Al-Azhar 14 Semarang. Pelaksanaan tindakan ini terbagi dalam tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah keaktifan peserta didik serta hasil belajar peserta didik kelas IVA SD Islam Al-Azhar 14 Semarang tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan CD Interaktif dalam materi pokok lingkungan fisik.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam materi lingkungan fisik. Pada siklus I rata-rata keaktifan yang terdiri dari keaktifan menulis, mendengarkan, memperhatikan penjelasan, bertannya dan keaktifan dalam menyelesaikan tugas, mencapai 69,05%. Sedangkan rata-rata nilai 70 dan prosentase klasikal 84.84. Pada siklus II rata-rata keaktifan yang terdiri dari keaktifan menulis, mendengarkan, memperhatikan penjelasan, bertannya dan keaktifan dalam menyelesaikan tugas, mencapai 80%. Sedangkan rata-rata nilai 85.48 dan prosentase klasikal 93.93.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik pada media CD Interaktif pada materi pokok Lingkungan Fisik ini dapat dilihat dari rata-rata nilai peserta didik dan ketuntasan belajar dalam mengikuti tes akhir pembelajaran.

Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, dan madrasah) untuk dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok Lingkungan Fisik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Lingkungan Hidup; CD Interaktif; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 07:01
Last Modified: 19 Dec 2013 07:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1099

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics