Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fiqih Materi Haji di Kelas V MI Arrosyidin Payaman Magelang Tahun Pelajaran 2011/2012

Fajriyah, Nurul (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fiqih Materi Haji di Kelas V MI Arrosyidin Payaman Magelang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 093111373_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093111373_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 093111373_Bab1.pdf]
Preview
Text
093111373_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 093111373_Bab2.pdf]
Preview
Text
093111373_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 093111373_Bab3.pdf]
Preview
Text
093111373_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 093111373_Bab5.pdf]
Preview
Text
093111373_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 093111373_Bab4.pdf]
Preview
Text
093111373_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (739kB) | Preview
[thumbnail of 093111373_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111373_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi pembelajaran fiqih di MI Arrosyidin Payaman selama ini proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, dan mendikte sehingga menjadikan siswa hanya menerima materi secara pasif, dan gurulah yang lebih aktif, padahal tuntutan pembelajaran fiqih sekarang siswa harus lebih banyak diberi ruang dan aktif untuk mengembangkan kemampuannya untuk memahami materi. Demonstrasi merupakan salah satu metode untuk memberikan pengalaman belajar agar peserta didik dapat menguasai materi pelajaran dengan baik

Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimanakah penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih materi pokok haji di kelas V MI Arrosyidin Payaman Magelang? 2) Adakah peningkatan hasil belajar di kelas V MI Arrosyidin Payaman Magelang pada pembelajaran fiqih materi pokok haji setelah menerapkan metode demonstrasi?

Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terjadi peningkatan hasil belajar di kelas V MI Arrosyidin Payaman Magelang pada pembelajaran fiqih materi pokok haji setelah menerapkan metode demonstrasi, hal ini dapat dilihat dari prestasi belajar per siklus dimana pada pra siklus tingkat siswa sebelum menggunakan metode demonstrasi dengan KKM 70 pada pra siklus hanya 15 siswa atau 41%, setelah menggunakan metode demonstrasi pada siklus I menjadi 23 siswa atau 62% dan diperbaiki lagi pada siklus II sudah mencapai 34 siswa atau 92%, prestasi ini sudah melebihi indikator yang ditentukan yaitu 80 % . kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar dimana pada siklus I keaktifan hanya berkisar 64,5% setelah diperbaiki menjadi 85,1%, keaktifan ini sudah melebihi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 80 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fiqih; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 07:03
Last Modified: 03 Jul 2021 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1102

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics