Implementasi fungsi pengawasan untuk meningkatkan kualitas pelayanan calon jamaah haji KBIH NU Hasyim Asy'ari Tarub Tegal
Farish, Ali Aulia (2019) Implementasi fungsi pengawasan untuk meningkatkan kualitas pelayanan calon jamaah haji KBIH NU Hasyim Asy'ari Tarub Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Pengawasan sebagai salah satu fungsi manajemen dalam suatu
organisasi atau instansi pemerintahan, pelaksanaannya sangat perlu untuk dimaksimalkan karena dapat mengurangi dan mencegah secara dini terjadinya penyimpangan-penyimpangan atau penyelewengan dalam berfungsi sebagai sarana peningkatan profesionalisme kinerja pegawai, melalui peningkatan kinerja, sehingga dapat memberikan pelayanan
kepada masyarakat sesuai dengan yang diharapkan dan kegiatan
bimbingan manasik haji dapat tercapai secara berhasil dan berdaya guna, dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok, fungsi, rencana atau programnya, pembagian dan pendelegasian tugas, rumusan kerja, pedoman pelaksanaan dan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah tentang implementasi fungsi pengawasan untuk meningkatkan kualitas pelayanan calon jamaah haji di KBIH NU Hasyim Asy’ari, hal itu bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui apakah pengawasan kegiatan pada KBIH NU Hasyim Asy’ari sesuai apa yang telah direncanakan sehingga secara praktis dan akademis dapat menjadi pengetahuan dan sebagai bahan masukan dalam perbaikan pengawasan terhadap kegiatan bimbingan manasik haji kedepanya.
Penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa, wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Dari hasil penelitian dengan menganalisis kegitan bimbingan
manasik haji dengan mengimplementasiknya ke dalam tahapan-tahapan pengawasan seperti Penatapan Standar, Penentuan Pengukuran Suatu Kegiatan dengan menggunakan beberapa pertanyaan yang dapat digunakan seperti ( berapakali, dalam bentuk apa, siapa), tahapan selanjutnya merupakan Pengukuran Pelaksanaan Kegiatan, Perbandingan Pelaksanaan Dengan Standar dan Analisa Penyimpangan, dan tahapan terakhir adalah Pengambilan Tindakan Koreksi Bila Diperlukan, dengan
menggunakan tahapan tadi pengawasan terhadap kegiatan bimbingan manasik haji cukup baik walaupun kurang begitu optimal dan juga dijumpai penyimpangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fungsi pengawasan; Kualitas pelayanan; Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH); Manajemen dakwah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 08 Apr 2020 04:46 |
Last Modified: | 23 May 2021 04:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11028 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year