Strategi dakwah K.H. Moh Muzakka Mussaif dalam pembinaan keagamaan Jamaah Majelis Taklim Al Muslihun Langenharjo Kendal

Rohman, Muhammad Fatkhur (2019) Strategi dakwah K.H. Moh Muzakka Mussaif dalam pembinaan keagamaan Jamaah Majelis Taklim Al Muslihun Langenharjo Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FUL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FUL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nama: Muhammad Fatkhur Rohman(1501036056), judul skripsi: Strategi Dakwah K.H. Moh Muzakka Mussaif dalam Pembinaan Keagamaan Jamaah Majelis Taklim Al Mushlihun Langenharjo Kendal. Penelitian ini dilatarbekangi oleh strategi dakwah Kiai mempunyai peran yang sangat penting bagi pergerakan
dakwah, strategi dakwah dapat diartikan sebagai proses menentukan cara dan upaya untuk menghadapi sasaran dakwah dalam situasi dan kondisi tertentu guna mencapai tujuan dakwah secara optimal. Kiai dalam masyarakat diposisikan
sebagai tokoh yang dianggap memiliki kelebihan dalam hal ilmu pengetahuan agama, sebab strategi dakwah kiai dituntut memahami situasi dan kondisi masyarakat yang terus mengalami perubahan, baik secara kultural maupun sosial keagamaan. Terutama dalam masyarakat Langenharjo Kendal melaui majelis
taklim Al Mushlihun dianggap lebih mudah bagi kiai untuk menjalankan strategi dakwah dalam pembinaan keagamaan lebih mendalam. Tujuan dari strategi dakwah tersebut dapat terwujudnya kesejahteraan dan kebahagiaan hidup di dunia
maupun akhirat yang diridhaoi Allah SWT

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi dawah K.H Moh Muzakka Mussaif dalam pembinaan keagamaan Jamaah Majelis Talim Al Mushlihun di Langenharjo Kendal, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan keagamaan Jamaah Majlis Ta’lim Al Mushlihun di Langenharjo Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menghasilkan data primer, yaitu sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian diperoleh melalu observasi, wawancara. Selain itu penulis juga menggunakan data sekunder sebagai penunjang data primer. Dalam mengumpulkan data penulis dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi setelah data terkumpul penulis menganalisis dipertemukan dengan teori dan ditarik dengan suatu kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi dakwah K.H Moh Muzakka Mussaif melalui strategi dakwah yang digunakan K.H. Moh Muzakka Mussaif yang digunakan dalam pembinaan keagamaan jamaah majelis taklim dengan mengaktifkan kegiatan-kegiatan yaitu, yaitu: Pertama, strategi sentimentil dengan mengaktifkan kegiatan pengajian ahad pagi, Peringatan Hari Besar Islam.
Kedua, Strategi rasional dengan mengaktifkan kegiatan ngaji 24 jam dan Tadabur Alam. Ketiga, Strategi tazkiyah dengan mengaktifkan ngaji puasanan bulan Ramadhan dan Ngaji Tadarus Al Qur’an di rumah masing-masing. Selain itu,
adapun yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari strategi dakwah KH Moh Muzakka Mussaif dalam pembinaan keagamaan jamaah majelis taklim Al Mushlihun anatara lain, faktor pendukung: Banyaknya masyarakat yang mendukung sepenuhnya proses kegiatan rutianan ngaji setiap ahad pagi di majelis taklim. Sedangkan faktor penghambat Adanya rasa malas yang menjadi faktor utama ketidak berjalannya kegiatan dakwah, masih belum stabilnya jamaah yang istiqomah untuk menghadiri pengajian

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Pembinaan keagamaan; Majelis taklim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Apr 2020 03:44
Last Modified: 23 May 2021 06:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11043

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics