Strategi pemasaran pada produk Simpanan Sukarela Lancar (SIRELA) di KSPPS Binama Cabang Kaliwungu

Khoirunnisa, Lifia (2019) Strategi pemasaran pada produk Simpanan Sukarela Lancar (SIRELA) di KSPPS Binama Cabang Kaliwungu. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TA REVISIAN.pdf]
Preview
Text
TA REVISIAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (997kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya produk penghimpunan dana di KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu. Salah satu produk yang terdapat di KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu adalah SIRELA yang merupakan simpanan yang menggunakan akad Mudharabah sehingga penarikan dan pengambilannya dapat dilakukan sewaktu-waktu dan produk tersebut diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada produk SIRELA dan analisis SWOT pada produk SIRELA di KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer maupun data sekunder. Data primer diperoleh dengan teknik pengumpulan data yang melalui metode wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen–dokumen KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis.

Dari penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, strategi pemasaran pada produk SIRELA yang dilakukan oleh KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu menggunakan 4P yang meliputi; a) product yaitu SIRELA yang menggunakan akad Mudharabah, b) price yaitu bagi hasil yang menarik, c)
place yaitu memilih tempat yang sangat strategis dan mudah dijangkau oleh anggota, dekat dengan swalayan dan pusat pendidikan, d) promotion yang digunakan KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu meliputi menyebarkan brosur, promosi melalui sosial media, website, dan menggunakan sistem jemput bola.
Kedua, analisis SWOT pada produk SIRELA di KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu yang meliputi; a) strenght yaitu penyetoran dan penarikan dapat dilakukan setiap saat, b) weakness yaitu kurangnya pemahaman karyawan tentang produk SIRELA dan kurangnya biaya promosi, c) opportunities yaitu dengan
melihat jaringan masyarakat Indonesia yang tidak asing dengan cara menabung, terutama bagi ibu rumah tangga. Hal ini, memberikan peluang bagi pihak KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu untuk mengembangkan produk SIRELA sehingga
diminati anggota dan dapat berkembang, d) threats yaitu persaingan produk SIRELA yang semakin ketat disebabkan anggota sudah kritis dan pandai membanding-bandingkan produk SIRELA di KSPPS BINAMA yang satu dengan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Simpanan; Mudharabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Apr 2020 04:25
Last Modified: 05 Jun 2021 02:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11057

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics