Analisis hukum ekonomi Islam terhadap lisensi atas hak kekayaan intelektual dalam pasal 42 Undang-Undang no 20 tahun 2016 tentang merek
Ismanto, Nova (2019) Analisis hukum ekonomi Islam terhadap lisensi atas hak kekayaan intelektual dalam pasal 42 Undang-Undang no 20 tahun 2016 tentang merek. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Dalam dunia perdagangan baik produk barang atau jasa, merek
merupakan suatu hal yang penting untuk menarik perhatian konsumen selain dalam pengemasan dan pelayanan suatu badan usaha. Merek membentuk pola fikir masyarakat kepada berbagai jenis produk barang atau jasa, dengan merek konsumen akan langsung mengenali ciri dan kualitas dari berbagai produk barang atau jasa tersebut, maka dengan demikian merek dapat dikatakan sebagai identitas suatu produk dan dianggap penting dalam pengenalan ciri, kualitas, keunggulan hingga
pemasaran suatu produk barang atau jasa. Untuk memperluas dan mempercepat proses perdagangan, maka banyak dilakukan cara-cara yang beragam salah satunya yaitu dengan adanya lisensi. Lisensi sebagai salah satu cara mengembangkan usaha banyak dipraktekkan oleh masyarakat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1.) Bagaimanakah lisensi atas
hak kekayaan intelektual dalam pasal 42 Undang-Undang nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. 2.) Bagaimanakah analisis hukum ekonomi Islam terhadap lisensi atas hak kekayaan intelektual dalam pasal 42 Undang-Undang nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek
Penelitian ini merupakan jenis penelitian normatif ataupun kajian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis normatif, pendekatan perundang-undangan (statuteapproach) yaitu meneliti atuan-aturan yang terdapat dalam Undang- Undang Merk yang membicarakan pengaturan dan pelaksanaan Lisensi atas Hak Kekayaan Intelektual yang dikaji melalui analisis hukum Islam.
Berdasarkan hasil penelitian, 1.) Perjanjian lisensi merek antara pemilik hak terdaftar dengan penerima lisensi merek akan berlaku mengikat terhadap hak dan kewajiban para pihak. Pemilik merek terdaftar yang telah memberikan lisensi kepada pihak lain tetap dapat menggunakan sendiri atau memberi lisensi kepada pihak ketiga lainnya untuk menggunakan merek tersebut, kecuali bila diperjanjikan lain. 2.) Menurut hukum Islam, terdapat berbagai macam cara untuk bermuamalah
dan pengalihan manfaat atas barang milik orang lain, salah satunya yaitu dengan akad syirkah abdan. Syirkah merupakan kerjasama atas suatu barang atau jasa yang disertai dengan nisbah (keuntungan) serta terikat oleh waktu, demikian lisensi merek juga merupakan pemanfaatan atas kerjasama hak atas merek yang disertai royalti serta adanya waktu. Ketentuan adanya perbuatan lisensi merek itu hampir sama dengan ketentuan dalam syirkah, baik dalam hal perjanjian dan akibat hukumnya, namun dalam syirkah nisbah bisa diberikan dalam bentuk apapun selama tidak bertentangan dengan syariat dalam Islam, sedangkan dalam lisensi
merek royalti biasa diberikan dalam bentuk harga (uang). Mengenai pembayaran royalti sebagaimana dalam akad syirkah, pihak pemilik barang masih punya kekuasaan menggunakan barang tersebut atau memberikan hak lagi kepada partner lainnya, namun tetap mendapat bagian (fee) dari penggunaan barang tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hak kekayaan intelektual; Lisensi; Merek; Syirkah; Hukum ekonomi syariah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 13 Apr 2020 04:31 |
Last Modified: | 13 Apr 2020 04:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11059 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year