Pengaruh beauty vlogger dan lebelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk Wardah : studi kasus mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Sari, Dwi Mita (2019) Pengaruh beauty vlogger dan lebelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk Wardah : studi kasus mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemunculan beauty vlogger menjadi fenomena yang mampu mempengaruhi konsumen dalam berpikir bahkan dalam pembelian. Hal ini disadari oleh perusahaan sebagai peluang untuk mendapatkan minat dari konsumen dengan memanfaatkan kekuatan ataupun daya tarik yang dimiliki sosok endorser tersebut. Kredibilitas dari sosok beauty vlogger tidak dapat dipungkiri lagi, selain itu kekuatan pesan yang disampaikan oleh beauty vlogger mampu
mengarahkan pola pikir konsumen. Fenomena ini dimanfaatkan sebagai pendukung (endorser) oleh para produsen pada setiap kegiatan pemasaran agar dapat mengkomunikasikan brand mereka dan membentuk identitas serta menentukan brand image produk atau jasa yang dipasarkan. Persaingan dalam industri kosmetik dan kecantikan kini mengalami peningkatan sehingga memerlukan inovasi untuk tetap bertahan dalam persaingan yang ada. Oleh karena itu, brand kosmetik Wardah melakukan strategi pemasaran dengan menggandeng beauty vlogger sebagai sosok endorser. Selain pemasarannya yang menggandeng beauty vlogger, untuk mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk wardah, tentu label halal juga merupakan hal yang dipertimbangkan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli produk wardah.
Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 85 responden yakni mahasiswa prodi Ekonomi Islam FEBI UIN Walisongo Semarang angkatan 2016-2018. Dengan metode analisis data menggunakan uji instrumen pertanyaan melalui uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis, dengan olah data menggunakan SPSS 19.0 for windows.
Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh persamaan regresi berganda Y = 3,230 + 0,808 + 0,223 + e Dengan variabel (X1) menunjukkan hasil Uji F hitung sebesar 80,879 > 3.11 dengan signifikansi 0.000 < 0.05; Uji T hitung sebesar 8,811< 1,993 dengan nilai signifikansi 0,000 > 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel beauty vlogger (X1) terhadap keputusan pembelian produk Wardah (Y) dan Variabel (X2) menunjukkan hasil Uji F hitung sebesar 80,879 > 3.11 dengan signifikansi 0.000 < 0.05; Uji T hitung sebesar 2,413 > 1,993 dengan nilai signifikansi 0.018 < 0.05. Sehingga
menghasilkan simpulan bahwa variabel labelisasi halal (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Wardah (Y). Sedangkan hasil koefisiean determinasi (R2 ) adalah 0.655 atau 65,5%Hal ini menunjukkan keputusan pembelian disebabkan oleh faktor beauty vlogger dan labelisasi halal. Sedangkan sisanya 36,7% keputusan pembelian disebabkan oleh variabel-variabel lain yang tidak
disertakan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku konsumen; Beauty vlogger; Labelisasi halal; Keputusan pembelian; Mahasiswa |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 03:37 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 09:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11067 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year