Pengaruh faktor-faktor penetapan harga terhadap pendapatan wirausahawan muslim : studi kasus pedagang pasar tiban di Kota Semarang
Kartika, Shabrina Intan (2019) Pengaruh faktor-faktor penetapan harga terhadap pendapatan wirausahawan muslim : studi kasus pedagang pasar tiban di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Full Skripsi Shabrina Intan Kartika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemunculan para pedagang muda baru yang mempengaruhi konsumen untuk memilih varian dagangan yang diinginkan untuk dibeli. Banyaknya pedagang baru yang bermunculan mengakibatkan semakin tingginya tingkat persaingan. Bagi konsumen atau masyarakat, ketersediaan penawaran yang tinggi ini membuat konsumen berusaha memilih harga yang paling rendah dengan kualitas barang yang baik. Fenomena inilah yang menuntut para
pedagang pasar tiban dalam menentukan harga jual produk yang ditawarkannya. Maka dibutuhkanlah faktor-faktor penetapan harga jual agar para pedagang tidak mengalami kerugian dari segi material maupun moril. Oleh karena itu ditetapkan
beberapa faktor dalam menentukan sebuah harga jual suatu produk yaitu biaya, permintaan, persaingan dan kebutuhan konsumen. Yang masing-masing dipertimbangkan dalam penentuan sebuah harga agar mencapai keuntungan yang dikehendaki.
Penelitian ini adalah penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 85 responden yakni para pedagang fashion wanita
yang terdiri dari jilbab, gamis, rok, dan baju panjang yang masing-masing tersebar dalam tiga pasar tiban yakni pasar minggu kalibanteng, pasar minggu taman indonesia kaya dan pasar sabtu malam sam poo kong. Dengan metode analisis data
menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi linear berganda, dengan olah data menggunakan SPSS 25.0 for windows.
Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh persamaan regresi berganda Y = 2.979 + 0,082X1 + 0,231X2 + 0,369X3 + 0,278X4 + e. Dengan variabel biaya(X1) menunjukkan uji t hitung sebesar 0,670 < 1,991 dengan nilai sig 0,505 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel biaya terhadap pendapatan (Y). Variabel permintaan (X2) menunjukkan uji t hitung sebesar 2,024 > 1,991 dengan nilai sig 0,046 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
variabel permintaan terhadap pendapatan(Y). Variabel persaingan (X3) menunjukkan uji t hitung sebesar 3,021 > 1,991 dengan nilai sig. 0,003 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel persaingan terhadap pendapatan (Y). Variabel kebutuhan konsumen (X4) menunjukkan uji t hitung sebesar 2,021 > 1,991 dengan nilai sig. 0,047 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kebutuhan konsumen terhadap pendapatan (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendapatan; Wirausahawan muslim; Penetapan harga; Biaya; Permintaan; Persaingan; Kebutuhan konsumen |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 03:40 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 09:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11068 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year