Manajemen program prakarya tata busana dan kewirausahaan di MAN Kendal

Handayani, Erlina (2019) Manajemen program prakarya tata busana dan kewirausahaan di MAN Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM133311016.pdf]
Preview
Text
NIM133311016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di dalam pendidikan prakarya dan kewirausahaan diperlihatkan diantaranya adalah nilai dan bentuk kerja untuk mencapai kesuksesan. Pendidikan prakarya dan kewirausahaan di madrasah bertujuan untuk penguatan mindset kewirausahaan bagi peserta didik, membuka wawasan bisnis, dan menumbuhkan kreatifitas siswa sebagai pendorong utama untuk meningkatkan kebutuhan dimasa yang akan datang. MAN Kendal menerapkan hal tersebut melalui kegiatan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan diantaranya prakarya tata busana dan kewirausahaan.
Dalam skripsi ini penulis menganalisis: bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen prakarya tata busana dan kewirausahaan di MAN Kendal.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang di gunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Adapun tehnik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan prakarya tata busana dan kewirausahaan MAN Kendal melalui analisis pekerjaan untuk menyusun program kerja prakarya tata busana dan kewirausahaan dan analisis kebutuhan untuk kebutuhan praktik dan materi. (2)Pelaksanaan prakarya tata busana dan kewirausahaan, di laksanakan pada tahun ajaran baru, sesuai materi ajar/silabus. (3)Evaluasi prakarya tata busana dan kewirausahaan, melalui tes praktik dan teori di bengkel, serta praktik magang/kerja lapangan di industri yang di evaluasi adalah dilihat dari kerapihan, ketelitian dan pengetahuan peserta didik tentang menjahit, pengevaluasian praktik lapangan prakarya tata busana dan kewirausahaan sepenuhnya di lakukan oleh perusahaan industri terkait peserta didik magang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran; Prakarya; Kewirausahaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 06 Apr 2020 01:48
Last Modified: 06 Apr 2020 01:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11154

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics