Pelaksanaan standar pengelolaan di Perpustakaan SD Islam al-Azhar 29 BSB Semarang

Huda, Nurul (2019) Pelaksanaan standar pengelolaan di Perpustakaan SD Islam al-Azhar 29 BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1403036068.pdf]
Preview
Text
NIM1403036068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Standar pengelolaan perpustakaan yang digunakan di SD Islam Al-Azhar merupakan standar yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan standar pengelolaan di perpustakaan dan implikasi Standar Pengelolaan Perpustakaan terhadap minat baca siswa di SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Adapun obyek penelitian ini adalah Perpustakaan SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan standar pengelolaan perpustakaan yang dilakukan adalah menekankan pada realisasi visi, misi dan tujuan perpustakaan, mengimplementasikan kebijakan, fungsi dan tugas dari perpustakaan bagi siswa. Sedangkan implikasi antara standar pengelolaan dengan minat sangat tinggi, karena dengan meningkatkan pengelolaan perpustakaan melalui perbaikan fasilitas dan memperbanyak koleksi perpustakaan.
Kesimpulan di atas bahwa Pelaksanaan Standar Pengelolaan di Perpustakaan SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. Sedangkan saran peneliti untuk penelitian ini adalah memaksimalkan komunikasi antara pustakawan dengan wali kelas dan guru agar program reading habit bisa berjalan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Standar perpustakaan; Pengelolaan perpustakaan; Manajemen perpustakaan; Perpustakaan sekolah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 06 Apr 2020 02:00
Last Modified: 03 Jul 2021 04:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11156

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics