Pengaruh strategi pemasaran produk, lokasi, dan sarana prasarana terhadap minat orang tua di MIN 2 Kendal

Mulyani, Nanik (2019) Pengaruh strategi pemasaran produk, lokasi, dan sarana prasarana terhadap minat orang tua di MIN 2 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503036024.pdf]
Preview
Text
NIM1503036024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Di era modern ini persaingan antar lembaga pendidikan sangatlah ketat untuk menarik minat orang tua dalam memilih lembaga pendidikan yang diharapkan, setiap lembaga pendidikan memiliki strategi pemasaran yang beragam. Adapun rumusan masalah penelitian ini 1) apakah terdapat pengaruh strategi pemasaran produk terhadap minat orang tua di MIN 2 Kendal? 2) apakah terdapat pengaruh strategi pemasaran lokasi terhadap minat orang tua di MIN 2 Kendal? 3) apakah terdapat pengaruh strategi pemasaran sarana prasarana terhadap minat orang tua di MIN 2 Kendal? 4) apakah strategi pemasaran produk, lokasi, dan sarana prasarana secara bersama-sama terhadap minat orang tua di MIN 2 Kendal?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Responden penelitian berjumlah 87 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara produk pendidikan terhadap minat yaitu 53,999 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara lokasi pendidikan terhadap minat yaitu 840,039. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana prasarana terhadap minat yaitu 266,30. 4) terdapat pengaruh yang signifikan antara produk, lokasi dan sarana prasarana terhadap minat yaitu 376,167.
Adapun saran dari penelitian ini untuk pihak MIN 2 Kendal yaitu 1) produk pendidikan hendaknya ditingkatkan dengan menawarkan program kegiatan yang lebih inovatif 2) kondisi lingkungan, kebersihan, dan kenyamanan madrasah hendaknya harus lebih diperhatikan 3) sarana prasarana yang sudah ada hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Produk; Lokasi; Sarana Prasarana; Minat; Manajemen madrasah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 01 Apr 2020 05:03
Last Modified: 01 Apr 2020 05:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics