Pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat kunjung mahasiswa di Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Faiq, Ahmad (2019) Pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat kunjung mahasiswa di Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503036111.pdf]
Preview
Text
NIM1503036111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Minat kunjung terhadap sesuatu adalah kecenderungan hati yang tinggi, gairah atau keinginan seseorang tersebut terhadap sesuatu yang membuat dirinya ingin melihat dan merasakan secara langsung atau mengunjungi sesuatu yang diminati. Dalam hal ini yaitu konteks minat kunjung mahasiswa ke perpustakaan, salah satu faktor yang mempengaruhi minat kunjung yaitu kualitas pelayanannya. Keberhasilan pelayanan yang diberikan, diharapkan mampu memeberikan pengaruh baik terhadap minat kunjung mahasiswa. Namun seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan perlu diteliti.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis apakah ada pengaruh dari kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat kunjung mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa angket, responden penelitian dipilih terhadap mahasiswa di Perpustakaan UNISNU Jepara yang berjumlah 263 responden.
Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap minat kunjung mahasiswa dan memberikan sumbangan sebesar 11,9% sisanya 88,1% kiranya perlu diperhatikan kualitas pelayanan yang kurang terpenuhi agar tingkat kunjung mahasiswa ke perpustakaan bertambah baik.
Dalam upaya untuk meningkatkan minat kunjung mahasiswa, maka disarankan kepada pengelola lembaga khususnya kepala serta jajaran kepegawaian perpustakaan UNISNU Jepara untuk selalu memberikan layanan yang berkualitas dan memberikan semangat kepada pegawai perpustakaan misalnya mengikutsertakan atau memberikan pelatihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelayanan perpustakaan; Minat kunjung
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 01 Apr 2020 08:01
Last Modified: 01 Apr 2020 08:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11170

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics