Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kecerdasan spiritual pada siswa di SMA N 01 Balapulang Tegal
Tandayu, M Hengki (2019) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kecerdasan spiritual pada siswa di SMA N 01 Balapulang Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
NIM1403016008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanaman kecerdasan spiritual pada siswa di SMA N 01 Balapulang, Upaya guru pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan agar mampu menumbuhkan kecerdasan spiritual pada siswanya, selain memiliki kecerdasan intelektual, siswa diharapkan memiliki kecerdasan spiritual, dengan inilah siswa bisa membangun diri menjadi manusia seutuhnya dengan selalu bersikap positif dalam menyikapi setiap kejadian yang dialaminya dan selalu berprinsip kepada Allah SWT. Diantara penyebab dunia kurang mampu menghasilkan lulusan Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana cara menanamkan kecerdasan spiritual guru pendidikan agama Islam terhadap siswa di SMA N 01 Balapulang?
Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan bagaimana Upaya guru pendidikan agama Islam menanamankan kecerdasan spiritual, mulai dari perencanaan, pembiasaan dan keteladanan. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI, Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMA N 01 Balapulang.
Kajian ini menunjukkan bahwa: cara pelaksanaan kecerdasan spiritual dimulai dengan perencanaan. Perencanaan tersebut meliputi: Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan beriman, bertaqwa, cerdas, terampil, dan berkompetitif serta berwawasan lingkungan. Mewujudkan nilai nilai agama bagi kenikmatan hidup peserta didik. Mewujudkan sekolah ramah sosial dan membentuk nilai nilai solidaritas bagi kehidupan sekolah. Mewujudkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan kedepan serta berwawasan lingkungan. Mewujudkan penyelenggaran pembelajaran aktif, aktif dan menyenangkan. Mewujudkan sekolah adiwiyata sebagai sekolah yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan spiritual; Guru; Pendidikan agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ujang Azwar |
Date Deposited: | 02 Apr 2020 03:09 |
Last Modified: | 02 Apr 2020 03:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11173 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year