Pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an dan hasil belajar Aqidah Akhlak terhadap akhlak para siswa kelas VIII MTs Yasi Kronggen Brati, Grobogan
Rahayu, Retna Mugi (2019) Pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an dan hasil belajar Aqidah Akhlak terhadap akhlak para siswa kelas VIII MTs Yasi Kronggen Brati, Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
NIM1503016092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas pengaruh intensitas membaca Al-Qur‟an dan hasil belajar Aqidah Akhlak terhadap Akhlak siswa kelas VIII MTs YASI Kronggen Brati, Grobogan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Adakah pengaruh intensitas membaca Al-Qur‟an terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs YASI Kronggen Brati, Grobogan? (2) Adakah pengaruh hasil belajar Aqidah Akhlak terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs YASI Kronggen Brati, Grobogan? (3) Adakah pengaruh intensitas membaca Al-Qur‟an dan hasil belajar Aqidah Akhlak terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs YASI Kronggen Brati, Grobogan? Penelitian ini dilaksanakan di MTs YASI Kronggen Brati. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah regresi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuesioner dan dokumentasi. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh kualitas pada variabel Y (akhlak) dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 58,657. Kualitas variabel X1 (intensitas membaca Al-Qur‟an) berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 6,30. Dan kaualitas variabel (hasil belajar Aqidah Akhlak) berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 63,134.
Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan analisis regresi dapat diketahui bahwa uji hipotesis pada variabel X1 dan X2 dengan persamaan regresi ganda ̂ , diperoleh nilai ̂ . Untuk menguji signifikansi persamaan regresi tersebut digunakan analisis varian dengan hasil F = 7,314 > 3,14 = F(0,05;2;64), dan dinyatakan signifikan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara membaca Al-Qur‟an dan hasil belajar Aqidah Akhlak terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs YASI Kronggen Brati, Grobogan. Adapun besarnya pengaruh variabel X1 dan X2 pada variabel Y ditunjukkan oleh koefisien determinasi/kontribusi R2 yang memperoleh nilai sebesar 18,6 %. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi frekuensi atau intensitas membaca Al-Qur‟an dan semakin tinggi nilai mata pelajaran Aqidah Akhlak maka akhlak yang dimiliki siswa juga semakin baik. Untuk selebihnya akhlak siswa dipengaruhi oleh faktor lain baik faktor internal maupun eksternal
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak; Membaca Al-Qur'an; Hasil belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ujang Azwar |
Date Deposited: | 02 Apr 2020 03:40 |
Last Modified: | 02 Apr 2020 03:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11181 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year