Pelaksanaan pendidikan akhlak di SMP Plus Az-Zahro’ Pegandon Kendal tahun ajaran 2019/2020

Rizqiyana, Lailatus Shofa (2019) Pelaksanaan pendidikan akhlak di SMP Plus Az-Zahro’ Pegandon Kendal tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503016109.pdf]
Preview
Text
NIM1503016109.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diajarkan kepada peserta didik. Masalah terkait dengan tantangan globalisasi menjadi penyebab runtuhnya nilai-nilai luhur budaya bangsa, salah satunya yaitu lunturnya nilai-nilai pendidikan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan akhlak di SMP Plus Az-Zahro’ Pegandon Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Seluruh data dianalisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan akhlak di SMP Plus Az-Zahro’ Pegandon Kendal
Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan di SMP Plus Az-Zahro’ Pegandon sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan pendidikan akhlakul karimah di SMP Plus Az-Zahro’ antara lain melalui integrasi nilai-nilai akhlak dalam setiap mata pelajaran terutama dalam mata pelajaran akhlak, adanya budaya sekolah seperti kegiatan rutin shalat dhuha berjamaah, tadarus wajib, pembacaan asmaul husna, dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh boarding school. Proses pelaksanaan pendidikan akhlak di SMP Plus Az-Zahro’ Pegandon Kendal dilakukan dengan cara individu maupun kelompok serta menggunakan 6 metode antara lain yaitu, metode kisah, metode keteladanan (Uswah), metode pengajaran (ta’lim), metode pembiasaan (ta’wid), metode reward dan metode punishment. Pelaksanaan pendidikan akhlak di SMP Plus Az-Zahro’ Pegandon Kendal juga didukung oleh beberapa faktor diantaranya yaitu dengan adanya sistem boarding school yang diterapkan di sekolah dan adanya kerjasama dari seluruh pihak sekolah dan yayasan dan orangtua dalam pelaksanaan pendidikan akhlak. Selain itu juga terdapat beberapa faktor penghambat antara lain yaitu semakin berkembangnya ilmu teknologi yang membuat banyak hal-hal dan pengaruh negatif masuk dengan mudah pada pengetahuan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak; Boarding School
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:49
Last Modified: 02 Apr 2020 03:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11183

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics