Efektifitas model snowball throwing dengan media video dalam meningkatkan hasil belajar materi keteladanan Ashabul Kahfi peserta didik kelas VII MTs Fatahillah Bringin Semarang tahun ajaran 2018/2019

Ulfa, Nurul (2019) Efektifitas model snowball throwing dengan media video dalam meningkatkan hasil belajar materi keteladanan Ashabul Kahfi peserta didik kelas VII MTs Fatahillah Bringin Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503016124.pdf]
Preview
Text
NIM1503016124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Efektifitas Model Snowball Throwing Dengan Media Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keteladanan Ashabul Kahfi Peserta Didik Kelas VII M.Ts Fatahillah Bringin Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi oleh model dan metode pembelajaran yang diterapkan di kelas kurang bervariasi, sehingga peserta didik menjadi jenuh dan pembelajaran berlangsung kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan Model Snowball Throwing Dengan Media Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keteladanan Ashabul Kahfi Peserta Didik Kelas VII M.Ts Fatahillah Bringin Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen, yang dilaksanakan di M.Ts Fatahillah Bringin Semarang. Motode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, tes, dan dokumentasi. Dengan jumlah sampel 46 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pengujian hipotesis peneliti menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t.
Berdasarkan perhitungan diperoleh data awal kelas kontrol Xhirung = 1,167 dan Xtabel = 7,815. Sedangkan data awal kelas eksperimen Xhirung = 6,982 dan Xtabel = 7,815. Maka dapat diketahui bahwa hasil dari perhitungan diatas bahwa data dari kedua kelas berdistribusi normal . Kemudian kedua kelas tersebut diberi perlakuan yang berbeda. Kelas kontrol menggunakan model ceramah dan kelas eksperimen menggunakan model snowball throwing berbantu video. Setelah pembelajaran berakhir maka kelas eksperimen dan kelas kontrol diberi post-test dengan soal yang sama. Berdasarkan hasil tes diperoleh thitung = 6,66 > ttabel = 1,68. uji-t akhir menunjukkan bahwa pada penelitian ini thitung > ttabel maka, penerapan model Snowball Throwing dengan media video efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi keteladanan ashabul kahfi peserta didik kelas VII M.Ts Fatahillah Bringin Semarang Tahun Ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Media pembelajaran; Snowball Throwing; Video; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 02 Apr 2020 07:53
Last Modified: 02 Apr 2020 07:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11185

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics