Pendidikan Islam dan problem dikotomisasi antara sains dan agama
Muslih, Muslih (2012) Pendidikan Islam dan problem dikotomisasi antara sains dan agama. In: Seminar dan Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) “Pendidikan nondikotomis: korelasi pendidikan agama dan sains”, 29 Oktober 2012, Semarang. (Unpublished)
Pendidikan_Islam_dan_Problem_Dikotomisasi_antara_Sains_dan_Agama.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (738kB) | Preview
Abstract
Pendidikan pada dasarnya merupakan proses pengupayaan memanusiakan manusia. Dalam Islam, manusia dijadikan sebagai “khalifah” atau wakil Tuha di atas bumi ini untuk mengatur pelestarian dan pengembangan alam semesta di atas tata karma peradaban yang ditetapkan Allah dalam al-Qur’an sebagai sunnatullah. Peradaban itu sendiri harus bertumpu pada kebenaran dan keadilan, yang berlawanan dengan kebatilan sehingga tidak mungkin terjadi eksploitasi manusia yang satu terhadap manusia yang lain. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa Pendidikan Islam adalah pendidikan yang punya karakteristik dan sifat keislaman, yakni pendidikan yang didirikan dan dikembangkan di atas dasar ajaran Islam. Hal ini mengandung makna bahwa seluruh pemikiran dan aktivitas pendidikan Islam tidak mungkin lepas dari ketentuan bahwa semua pengembangan dan aktivitias pendidikan Islam haruslan benar-benar merupakan realisasi atau pengembangan atau pengembangan dari ajaran Islam itu sendiri.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Integrasi sains dan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Prosiding/Conference paper |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 08:09 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 08:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11279 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year