Hubungan antara hafalan surat pendek dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMPN 31 Tambakharjo Semarang
Rubiyanto, Ahmad (2008) Hubungan antara hafalan surat pendek dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMPN 31 Tambakharjo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.
3101102_AHMAD_RUBIYANTO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Ahmad Rubiyanto (3101102) “Hubungan antara Kemampuan Membaca Al-Qur'an dengan Hafalan Surat Pendek Siswa Kelas VII di SMPN 31 Tambakharjo Semarang”, Semarang Tahun 2008. skripsi Tarbiyah 2008.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur'an siswa kelas VII di SMPN 31 Tambakharjo Semarang, 2) Bagaimana hafalan surat pendek siswa kelas VII di SMPN 31 Tambakharjo Semarang?, 3) Adakah hubungan antara kemampuan membaca al-Qur'an dengan hafalan surat pendek siswa kelas VII di SMPN 31 Tambakharjo Semarang?
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur'an siswa kelas VII di SMPN 31 Tambakharjo Semarang. 2) Untuk mengetahui hafalan surat pendek siswa kelas VII di SMPN 31 Tambakharjo Semarang. 3) Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca al-Qur'an dengan hafalan surat pendek siswa kelas VII di SMPN 31 Tambakharjo Semarang?
Peneliti menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi dalam pengumpulan data. Dan menggunakan teknik korelasional yakni ‘Pearson Product Moment’ dalam menganalisis data.
Peneliti dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut : 1) Berdasarkan pada teknik penilaian dengan rumus mean, maka nilai hafalan surat pendek siswa kelas VII di SMPN 31 Tambakharjo Semarang dapat dikategorikan sebagai baik, karena rata-rata nilainya mencapai 83,68. 2) Sedangkan kemampuan membaca Al-Qur’an juga dapat dikategorikan sebagai baik dengan rata-rata nilainya mencapai 81,192. 3) Dengan demikian ada hubungan yang positif antara hafalan surat pendek dengan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di kelas VII SMPN 31 Tambakharjo Semarang, dengan indikasi bahwa koefisien korelasi 0,413 dan table korelasi untuk taraf signifikan 5% adalah 0,250 dan untuk taraf signifikan 1% adalah 0,235.
Demi untuk meningkatkan hafalan surat pendek dengan dukungan kemampuan membaca Al-Qur’an, maka peneliti menyampaikan saran-saran sebagai berikut : 1) Karena keterbatasan peneliti, maka bagi peneliti yang akan melakukan penelitian pada kajian yang sama hendaknya dapat lebih optimal memanfaatkan waktu dan malakukan percobaan-percobaan lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan. 2) Bagi siswa dan siswi di SMPN 31 Tambakharjo Semarang agar lebih meningkatkan penguasaannya dalam hafalan surat pendek dan perlu diketahui bahwa hafalan surat pendek dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan benar, fasih dan lancar, selain itu juga agar kemampuan membaca Al-Qur’an semakin fasih dan tartil yang mana Al-Qur’an adalah pedoman hidup orang Islam. 3) Bagi orang tua hendaknya lebih bijaksana dan lebih intensif memotivasi dan membimbing anak-anaknya agar lebih memperhatikan kebutuhan akan prestasi anaknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahfidz Al-Qur'an; Surat pendek; Baca tulis Al-Qur'an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 04:50 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 07:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11331 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year