Implementasi strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SMP Hj. Isriati Semarang

Fitriyani, Eka (2009) Implementasi strategi active learning dalam pembelajaran PAI di SMP Hj. Isriati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM3103165_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM3103165_Skripsi_Lengkap)
3103165_FULLPDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi active
learning dalam pembelajaran PAI di SMP Hj Isriati Semarang. Jenis penelitian ini
adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik
pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan : 1). Observasi yaitu untuk
mengetahui proses pelaksanaan strategi active learning dalam pembelajaran PAI
di SMP Hj Isriati Semarang. 2). Interview yaitu untuk mengetahui tentang
berbagai informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan strategi active learning
dalam pembelajaran PAI di SMP Hj Isriati Semarang, serta mengetahui faktorfaktor

pendukung dan penghambat diterapkanya strategi active learning dalam
pembelajaran PAI di SMP Hj Isriati Semarang. 3). Dokumentasi yaitu untuk
memperoleh data berhubungan dengan penerapan strategi active learning dalam
pembelajaran PAI seperti rencana pembelajaran, jadwal pembelajaran, dokumen
kegiatan dan lain-lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang
dikembangkan di SMP Hj Isriati diwujudkan dalam ke-lima komponen yang
saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, metode, media, guru serta siswa.
Komponen tersebut dirancang dan diarahkan agar dalam pelaksanaannya siswa
lebih aktif dalam pembelajaran. Untuk itulah strategi yang dikembangkan adalah
active learning. Sedangkan impementasi strategi active learning dalam
pembelajaran PAI di SMP Hj Isriati terwujud dalam tiga bentuk metode
pembelajaran yaitu teman sebaya (peer leassons), rapat kota (town meeting) dan
menghubungkan kembali (reconnecting). Secara umum metode ini diterapkan
melalui enam tahapan yaitu menyampaikan tujuan, memilih topik pembelajaran,
menampilkan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok
belajar, membimbing dan mengarahkannya, evaluasi dan tindak lanjut.
Pada praktiknya kegiatan pembelajaran PAI melalui strategi active
learning sudah hampir mendekati teori yang ada. Ini dibuktikan dengan persiapan
guru dalam proses pembelajaran yang telah melalui tahapan–tahapan tersebut di
atas, bahkan kadang guru memvariasikan sendiri pelaksanaannya. Seperti pada
pelaksanaan metode reconnecting. Ketika guru menyampaikan pertanyaan kepada
siswa tentang materi yang baru saja disampaikan, guru memvariasikan tanya
jawab tersebut dengan cara menyuruh siswa menuliskan jawaban dalam selembar
kertas, kemudian secara acak jawaban tersebut dibacakan oleh siswa yang lain.
Kegiatan tersebut dirasa lebih efektif dari pada jawaban tersebut langsung
disampaikan oleh siswa, karena dengan menuliskan jawaban diselembar kertas
semua siswa akan menjawab.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi
dan bahan masukan bagi mahasiswa, tenaga pendidik para peneliti dan semua
pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN
Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembmelajaran; Active learning; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:06
Last Modified: 28 Jul 2021 05:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11375

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics