Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi semester 2 kelas XI MAN Kendal tahun pelajaran 2007/2008

Jannah, Uzlifatul (2009) Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi semester 2 kelas XI MAN Kendal tahun pelajaran 2007/2008. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_03104049_Uzlifatul_Jannah]
Preview
Text (SKRIPSI_03104049_Uzlifatul_Jannah)
3104049_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Uzlifatul Jannah (NIM. 3104049). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Komposisi Fungsi Semester 2 Kelas XI MAN Kendal Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi: Program Strata I Jurusan Matematika IAIN Walisongo Semarang. 2004.
Matematika adalah suatu alat untuk mengembangkan cara berpikir logis dan sistematis. Dalam kegiatan pembelajaran matematika tugas utama seorang guru tidak hanya menyampaikan informasi kepada peserta didiknya, melainkan guru harus dapat memotivasi dan dapat menumbuhkan sikap kerjasama serta tanggung jawab terhadap keberhasilan sendiri dan keberhasilan orang lain. Suasana belajar yang menyenangkan harus selalu diterapkan pada pembelajaran matematika. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw didesain untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar matematika sehingga akan berimplikasi terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN Kendal semester 2 tahun pelajaran 2007/2008 yang terdiri dari 9 kelas. Dengan menggunakan Cluster Random Sampling diperoleh dua kelas sampel, yakni kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Sedangkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas uji coba.
Untuk mengetahui nilai hasil belajar peserta didik digunakan tes setelah pembelajaran selesai. Soal yang digunakan sebelumnya telah diujicobakan pada kelas XI IPA 2 sebagai kelas uji coba. Berdasarkan uji pra syarat, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai varian yang sama. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata, untuk rata-rata kelas eksperimen diperoleh 75,11 dengan Standar Deviasi (SD) = 10,83 dan rata-rata kelas kontrol diperoleh 64,04 dengan Standar Deviasi (SD) = 10,30 untuk selanjutnya diuji dengan menggunakan uji t, dengan kriteria penolakan Ho adalah thitung > ttabel. Dari perhitungan diperoleh thitung = 5,05 dan ttabel = 1,66 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = n1 + n2 = 91. Jadi Ho ditolak dan H diterima, berarti rata-rata hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah tidak identik.
Maksudnya, adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tiga Jigsaw lebih efektif dilihat dari hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi semester 2 kelas XI MAN Kendal. Disarankan agar guru dapat mengembangkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika karena pembelajaran kooperatif ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: pembelajaran jigsaw; komposisi fungsi; pendidikan matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:06
Last Modified: 03 Jul 2021 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11382

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics