Implementasi Metode Diskusi Kelas untuk Pencapaian Standar Kompetensi dalam Pembelajaran Qur’an Hadis Siswa Kelas IX MTs Al-Khoiriyyah dan MTs Al-Islam Semarang
Winarto, Winarto (2012) Implementasi Metode Diskusi Kelas untuk Pencapaian Standar Kompetensi dalam Pembelajaran Qur’an Hadis Siswa Kelas IX MTs Al-Khoiriyyah dan MTs Al-Islam Semarang. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Winarto_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version
Download (275kB) | Preview
Winarto_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (105kB) | Preview
Abstract
Metode diskusi kelas adalah salah satu metode pembelajaran berbasis active
learning yang telah diterapkan di MTs Al Khoiriyyah dan MTs Al Islam Gunungpati
Semarang pada kegiatan pembelajarannya termasuk dalam kegiatan pembelajaran
Qur’an Hadis. Itulah sebabnya penulis mengadakan penelitian pada Sekolah tersebut
dengan judul penelitian ”Implementasi Metode Dikusi Kelas untuk Pencapain
Standar Kompetensi dalam Pembelajaran Qur’an Hadis Siswa Kelas IX MTs Al
Khoiriyyah dan MTs Al Islam Gunungpati Semarang”.
Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki; (1) bagaimana implementasi metode
diskusi kelas dalam pembelajaran Qur’an Hadis siswa kelas IX MTs Al Khoriyyah
dan MTs Al Islam Semarang? (2) bagaimana efektivitas metode diskusi kelas
terhadap pencapaian standar kompetensi dalam pembelajaran Qur’an Hadis?
Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa atau
kejadian tertentu dengan data yang bersifat kualitatif. Adapun analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif, yaitu melalui
proses reduksi, display dan verifikasi.
Penulis melakukan penelitian secara seksama di MTs Al Khoiriyyah dan MTs
Al Islam Gunungpati Semarang, dapat menyimpulkan bahwa; (1) Implementasi
metode diskusi kelas pada pembelajaran Qur’an Hadis dapat dikatakan cukup baik,
namun masih perlu ditingkatkan lagi terutama dalam menerapkan variasi metode dan
strategi pembelajaran. Hal ini terjadi karena ada beberapa kriteria yang belum
dimiliki antara lain pada model diskusi kelas yang belum variatif, dan belum
membiasakan menggunakan pendekatan strategi pembelajaran dengan maksimal. (2)
Pelaksanaan metode diskusi kelas cukup berjalan efektif, hal ini terbukti indikatorindikator
dari standar kompetensi dapat diraih walaupun belum sempurna. Untuk
mencapai seluruh indikator, guru perlu mempertimbangkan pemilihan materi,
pemilihan anggota kelompok, jumplah kelompok, suasana di luar kelas, media
pembelajaran dan langkah-langkah diskusi kelas dengan baik.
Peneliti menyampaikan saran kepada pengelola sekolah (Kepala sekolah dan
guru) agar tidak melakukan pembelajaran monoton di dalam kelas saja, tetapi
memanfaatkan ruang multimedia dengan segala fasilitasnya, bahkan bila perlu di luar
kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Metode Belajar; Diskusi Kelas; Islamic Religious Education; Class discussion; Learning Methods |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 11 Oct 2013 09:14 |
Last Modified: | 11 Oct 2013 09:14 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/114 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year