Efektivitas metode an-nuur dalam pembelajaran membaca Al-qur’an di El Faza Managemen An-nuur Karanganyar

Hidayah, Nur (2008) Efektivitas metode an-nuur dalam pembelajaran membaca Al-qur’an di El Faza Managemen An-nuur Karanganyar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3102256_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3102256_Skripsi_Lengkap)
3102256_Skripsi_lengkap.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan metode An-Nuur di El Faza Managemen An-Nuur Karanganyar; (2) efektivitas penerapan metode An-Nuur dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di El Faza Managemen An-Nuur Karanganyar.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dimana penelitian kuantitatif merupakan penelitian dengan angka sedangkan metode deskriptif merupakan metode penelitian yang menggambarkan dan meng-interpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Populasi adalah semua peserta bimbingan pada tahap pengenalan dasar di El Faza Managemen An-Nuur yang berjumlah 107 peserta, sedangkan sampel penelitian berjumlah 30 peserta dengan teknik sampling random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak sehingga semua subyek dianggap sama dan mempunyai kesempatan menjadi subyek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes tertulis dengan jawaban lisan mengenai tahap pengenalan dasar metode An-Nuur yang meliputi: pengenalan huruf hijaiyah, tanda baca dan tajwid.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik uji t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil bahwa penerapan metode An-Nuur efektif digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan membaca peserta bimbingan pada huruf hijaiyah, tanda baca dan lafadz-lafadz sesuai kaidah tajwid antara sebelum dan sesudah dilaksanakan metode An-Nuur di El Faza Managemen An-Nuur Karanganyar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t-test yang menunjukkan to =
-31,225 lebih besar daripada tt baik pada taraf signifikansi 1% (-2,462) maupun 5% (-1,699).
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khazanah ilmu pengetahuan serta masukan bagi koordinator wilayah dan pembimbing dalam meningkatkan mutu bimbingan dalam metode An-Nuur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode An-Nur; Pembelajaran Membaca Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:08
Last Modified: 02 Jul 2020 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11418

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics