Pelaksanaan manajemen kurikulum PAI bagi SMPLB C (tunagrahita)di SLB Negeri Semarang

Sugiyarti, Lilis (2009) Pelaksanaan manajemen kurikulum PAI bagi SMPLB C (tunagrahita)di SLB Negeri Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104088_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104088_Skripsi_Lengkap)
3104088_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

LILIS SUGIYARTI (NIM: 3104088) Pelaksanaan Manajemen Kurikulum PAI bagi SMPLB C (Tunagrahita) di SLB Negeri Semarang. Skripsi: Program Strata I Jurusan Kependidikan Islam Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Kondisi objektif pembelajaran PAI SMPLB C (tunagrahita) di SLB Negeri Semarang; (2). Pelaksanaan manajemen kurikulum PAI bagi SMPLB C (tunagrahita) di SLB Negeri Semarang.
Jenis kajian skripsi ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian diskriptif. Metode pengumpulan data di peroleh dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif.
Dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: (1). Kondisi objektif pembelajaran PAI bagi SMPLB C (tunagrahita) di SLB Negeri Semarang dari pihak siswa dan guru mempunyai semangat yang luar biasa dalam pembelajaran dan terjalin sebuah kekeluargaan baik dari siswa maupun orang tua siswa. Guru menerapkan metode pembiasaan agar materi yang di terima siswa dapat menjadi sebuah pembiasaan pada diri siswa. Kerja sama antara wali murid dan guru/pihak sekolah dalam memotivasi siswa sangat berperan untuk terlaksananya pembelajaran. Dalam persiapan pembelajaran dan penguasaan materi guru PAI sangat mempersiapkan segala suatu yang akan disampaikan kepada peserta didik yaitu dengan membaca buku-buku penghubung yang sesuai dengan Pendidikan Agama Islam dan selalu membuat RPP yang dijadikan acuan dalam pembelajaran, (2). Pelaksanaan manajemen kurikulum PAI bagi SMPLB C (tunagrahita) yang diterapkan di SLB Negeri Semarang termasuk dalam kategori baik, telah sesuai dengan kegiatan pelaksanaan manajemen yang mengacu pada fungsi-fungsi manajemen yaitu melalui tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap pelaksanaan/implementasi, dan tahap penilaian.
Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi, khususnya bagi guru dan waka kurikulum di lingkungan sekolahan, serta kepala sekolah sehingga dapat dijadikan bahan untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tunagrahita; Manajemen Kurikulum; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:09
Last Modified: 02 Jul 2020 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11431

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics