Ketrampilan mengajar yang bervariasi pengaruhnya terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI di SMA Unggulan Nurul Islami Wonolopo Semarang
Astriyani, Endang (2008) Ketrampilan mengajar yang bervariasi pengaruhnya terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI di SMA Unggulan Nurul Islami Wonolopo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3102187_ENDANG_ASTRIYANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Endang Astriyani (NIM : 3102187). Ketrampilan Mengajar yang Bervariasi Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI di SMA Unggulan Nurul Islami Wonolopo Semarang. Skripsi. Semarang : Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) ketrampilan mengajar yang bervariasi (X) oleh guru PAI, 2) hasil belajar PAI kelas X dan XI SMA Unggulan Nurul Islami Wonolopo Semarang tahun ajaran 2007/2008 (Y), 3) apakah terdapat pengaruh antara ketrampilan mengajar yang bervariasi dengan hasil belajar PAI siswa kelas X dan XI SMA Unggulan Nurul Islami Wonolopo Semarang tahun ajaran 2007/2008.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis regresi satu prediktor. Subyek penelitian sebanyak 42 responden, pengambilan subyek data dengan cara populasi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data (X), dokumentasi untuk menjaring data (Y) serta wawancara sebagai data pendukung.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
1. Berdasarkan tabel distribusi ketrampilan mengajar yang bervariasi oleh guru PAI dapat diketahui bahwa mean ketrampilan mengajar yang bervariasi adalah sebesar 79,06 termasuk dalam kategori cukup, yaitu pada interval 74-79.
2. Sedangkan berdasarkan tabel distribusi hasil belajar PAI dapat diketahui bahwa mean hasil belajar PAI siswa kelas X dan XI SMA Unggulan Nurul Islami Wonolopo Semarang adalah sebesar 75,93 termasuk dalam kategori baik, yaitu pada interval 72-80.
3. Diketahui dari perhitungan statistik inferensial bahwa terdapat pengaruh positif antara ketrampilan mengajar yang bervariasi terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X dan XI SMA Unggulan Nurul Islami Wonolopo Semarang tahun ajaran 2007/2008. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Freg = 8,513 > Ftabel baik taraf signifikansi 1% = 7,31 maupun 5% = 4,08. Dengan demikian hasilnya signifikan. Dan koofesien determinasi r2 = 17,6. Hal ini menunjukkan bahwa 17,6% hasil belajar PAI ditentukan oleh ketrampilan mengajar yang bervariasi melalui fungsi taksiran Y = 0,694 + 21,152. Sedangkan 82,4% dipengaruhi oleh faktor yang lain.
Jadi, hipotesis yang peneliti ajukan bahwa ada pengaruh positif antara ketrampilan mengajar yang bervariasi terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X dan XI SMA Unggulan Nurul Islami Wonolopo Semarang tahun ajaran 2007/2008 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; Ketrampilan mengajar; Guru; Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 01:54 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 01:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11472 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year